tiket.com, Kemenparekraf, dan Politeknik Pariwisata Makassar Gelar Forum Diskusi Bersama Pemangku Kepentingan Wisata Wilayah Sulawesi Selatan

  • Bagikan

Makassar – tiket.com bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Politeknik Pariwisata Makassar menyelenggarakan acara Multi Stakeholder Forum bertajuk Improving Knowledge about Hospitality Management & Digital Marketing Literacy for the Tourism Industry sebagai salah satu upaya akselerasi pemulihan industri pariwisata guna dukung pemulihan taraf kesejahteraan para pemangku kepentingan, yaitu pengelola Desa Wisata, operator akomodasi, pemandu tur lokal, serta penggiat pariwisata lokal.

Komitmen tiket.com untuk menjadi yang pertama untuk mendukung pemulihan industri pariwisata Indonesia semakin dipertegas oleh Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com dalam kata sambutannya secara virtual. Acara yang diselenggarakan di Tanjung Bira, Sulawesi Selatan ini dihadiri oleh para peserta yang merupakan pelaku bisnis industri pariwisata.

“Kami sangat bersemangat menyaksikan tren pariwisata saat ini. Hal ini karena banyak faktor, mulai dari menurunnya kasus COVID-19 karena program booster vaksinasi nasional, dan regulasi perjalanan terbaru yang menyoroti relaksasi restriksi secara domestik dan mancanegara, sehingga makin mendorong antusiasme masyarakat untuk berwisata”, ungkap Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com dalam kata sambutan virtualnya.

“Kegiatan pada pagi hari ini adalah manifestasi dari rencana kolaborasi bersama Kemenparekraf guna mendukung pariwisata Indonesia untuk mentransformasi dan mengeksplor 5DSP serta mengajak tiket.com untuk menyelenggarakan lokakarya. Kami di tiket.com melihat bahwa Indonesia Timur berpotensi besar guna membangkitkan ekonomi. Sebagai pionir OTA di Indonesia, kami memiliki kerinduan untuk menjalankan misi kami untuk menjadi jendela informasi bagi turis asing dan domestik, sehingga mereka tahu banyak atraksi dan destinasi baru di Indonesia,” tambah Gaery.

Acara diskusi forum tersebut juga menjadi ajang bagi operator akomodasi dan tur, untuk membahas dan memecahkan ragam krisis pariwisata bersama-sama. Salah satu solusi jitu untuk menanggulangi krisis tersebut adalah program inisiatif dari Kemenparekraf, yaitu InDOnesia CARE yang memastikan bahwa tempat wisata dan akomodasi menerapkan protokol kesehatan dan tersertifikasi CHSE (Clean, Healthy Safety and Environment) merupakan salah satu program inisiatif Kemenparekraf yang menjadi solusi jitu untuk menanggulangi krisis pariwisata nasional.

“Sudah dua tahun berjalan kerjasama antara Poltekpar dengan tiket.com, mudah-mudahan kedepannya kami bisa terus membangun dan membina desa-desa pariwisata melalui kerjasama ini dan menjadi pelopor dalam pembangunan pariwisata di Sulawesi Selatan pada khususnya,” ujar Muhammad Arfin M. Salim, S.Pd., M.Pd., Ph.D., Selaku Wakil Direktur 1 Poltekpar Makassar.

Drs. H. Muhammad Daud Kahal, M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan menambahkan, “Kabupaten Bulukumba merupakan daerah wisata yang memiliki potensi yang sangat besar, potensi ini besar ini bisa kami lihat bukan hanya dari banyaknya objek wisata yang terdiri dari sebanyak 96 kegiatan, mulai dari objek wisata dalam laut, pantai, budaya dan pegunungan. Ini juga menjadi dasar sehingga sektor pariwisata menjadi salah satu program strategis di Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan menjadi salah satu menjadi daerah strategis di Sulawesi Selatan. Dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Kab. Bulukumba telah menempatkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor strategis atau prioritas, itu tertuang dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Bulukumba.”

Sulawesi Selatan masuk menjadi 5 besar dengan area used-based tertinggi di Indonesia, diantaranya: Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. Hal ini juga membuktikan tiket.com, pada awal 2022 (Q1 2022) mencatat lonjakan transaksi sebesar 99% dalam sektor akomodasi di daerah Sulawesi Selatan, dibandingkan periode yang sama tahun 2021 (Q1 2021). Sebagai OTA dengan fokus customer centric dan bentuk apresiasi dalam mendukung pariwisata di Indonesia, untuk saat ini tiket.com, ​​menggelar OTW (Online Tiket Week) hingga tanggal 01 April 2022 dengan diskon Harga Gledek 50% + 20% untuk semua lini produk tiket.com khusus jam 17:00 – 21:00 WIB. OTW 2022 hadir di momentum yang tepat, ketika regulasi perjalanan terbaru pun baru saja diputuskan, serta dibukanya kembali beberapa koridor pariwisata internasional. Sehingga animo masyarakat Indonesia untuk bepergian semakin membendung tinggi.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk saling bermitra dan berkolaborasi antara semua pelaku pariwisata. Kami sangat optimis bahwa tahun 2022 ini akan menjadi masa kebangkitan kembali kejayaan pariwisata Indonesia. Mari kita sambut bersama-sama peluang ini demi kebaikan pariwisata nasional!’ tutup Gaery.

  • Bagikan