Siswa Yawata Jalani Orientasi Pra Pemberangkatan di BP2MI

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Puluhan calon pekerja migran menjalani OPP atau Orientasi Pra Pemberangkatan di Kantor UPT BP2MI Wilayah Sulsel di Jalan Paccinang Raya Makassar, Jumat 1 April 2022. Mereka akan berangkat ke Jepang untuk bekerja di negeri sakura pada April 2022 mendatang.
Sebelum lolos ke Jepang, anak-anak muda ini mengikuti pembelajaran dan pelatihan Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Yawata Edukasi Center. Syarifuddin, owner Yawata mengatakan, Yawata memang menjadi pusat pendidikan pembelajaran Bahasa Jepang sejak 2018. Selain mempersiapkan mereka yang tertarik untuk studi di Jepang, Yawata juga mengajar dan melatih anak-anak muda yang tertarik bekerja di Jepang.
“Alhamdulillah sudah banyak siswa kami yang berhasil lolos dan diterima di berbagai perusahaan di Jepang,” jelas Syarifuddin saat ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Jumat 1 April 2022. Menurut Syarifuddin sampai 2022 ini sudah ada puluhan siswa Yawata yang sukses berkarier di luar negeri. Mereka menguasai bahasa Jepang minimal level N4 atau Japanese Language Proficiency Test (JLPT) tingkat N4. Tingkatan ini merupakan salah satu kriteria minimal yang seringkali harus dipenuhi bisa seseorang ingin studi atau bekerja di Jepang.
Kepala UPT BP2MI Wilayah Sulsel Moch. Agus Bustami menjelaskan, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau BP2MI memang bertugas untuk mengurus para pekerja migran termasuk dalam hal penempatan pekerja migran. “Layanan semua diberikan dengan gratis atau tidak dipungut biaya. OPP sendiri merupakan kegiatan akhir sebelum para pekerja berangkat ke luar negeri,” jelasnya.
Saat OPP para pekerja diberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai kondisi di negara tujuan dan apa saja yang harus mereka lakukan jika mendapatkan masalah di perusahaan tempat bekerja. ***

  • Bagikan