Perdoski Makassar Gelar Webinar Bahaya Seks Bebas, Narkoba , PMS dan HIV/AIDS

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit Kelamin Indonesia Cabang Makassar yang membawahi daerah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Ambon dan Gorontalo kembali melaksanakan kegiatan Webinar untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Se-Sulawesi Selatan. Kali ini mengangkat tema Perdoski Peduli. Kegiatan webinar mendapatkan dukungan dari Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang berharap mampu menjauhkan remaja dari perilaku seks Bebas, menghindari narkoba dan mencegah penyakit menular seksual.

Dalam webinar ini dibahas banyak hal untuk menambah ilmu mengenai kesehatan reproduksi. Siswa siswi SMA bahkan lebih mengetahui bahayanya seks bebas dan narkoba karena bisa menyebabkan HIV/AIDS.
Pemateri yang hadir juga memberikan bahan yang dibutuhkan oleh siswa sehingga diskusi berjalan dengan sangat aktif. Hadir sebagai pemateri adalah Ketua PERDOSKI Dr dr Muji Iswanty, SH, MH, Sp.KK,M.Kes,C.Med yang menjelaskan tentang bagaimana keadaan generasi kita sekarang ini dan angka kejadian penyakit menular seksual serta HIV/AIDS di Indonesia khususnya Sulawesi Selatan.
Tidak kalah menarik materi yang dibawakan oleh Kepala Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Baddoka dr. Iman Firmansyah, Sp.KJ, SH,MH tentang apa itu Narkotika dan komposisi serta sisi negatifnya. Dijelaskan pula tentang berbagai penyakit menular seksual oleh dokter spesialis dermatovenereology dr. Andy Manggabarani, Sp.DV, M.Kes, yang mampu memancing siswa untuk mengajukan pertanyaan. “Siswa memang harus dibekali pengetahuan yang dibutuhkan agar jelas bahaya seks bebas karena akan berakibat ke penyakit menular seksual sampai HIV/AIDS,” terangnya.

Ketua PERDOSKI Dr dr Muji Iswanty, SH, MH, Sp.KK,M.Kes,C.Med mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang bermanfaat ini. Muji juga menambahkan bahwa dewan penasehat Perdoski turut hadir dan memberikan sambutan sekaligus sebagai Kepala Departemen Dermatovenereolgy FK UNHAS Dr.dr.Siswanto Wahab, Sp.KK (K) , FINSDV , FAADV serta Prof. Dr. dr. Anis Irawan Anwar, Sp.KK (K) , FINSDV, FAADV .
“Kegiatan ini merupakan webinar yang akan dilakukan secara berkelanjutan sehingga memberikan pengetahuan bukan hanya ke siswa SMA kelas 3 tetapi kepada seluruh siswa SMA di Sulawesi Selatan,” ujar Muji yang didampingi Sekertaris Perdoski Dr dr. Muhlis , Sp.KK,M.Kes.
Di akhir acara, moderator dr Asvina Anis, SpDV menyimpulkan bahwa edukasi menjadi kata kunci dalam mencegah seks bebas di kalangan remaja dan mengurangi penularan HIV/AIDS. “Edukasi dan pengetahuan penting diberikan kepada anak-anak sehingga mereka bisa menghindari untuk melakukan hal-hal negatif karena akan merusak masa depan generasi muda kita,” tandasnya. (rls)

  • Bagikan