Kepala Dinas Perpustakaan Makassar Hadiri Rakornas Perpusnas RI

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo didampingi Pustakawan Madya, Tulus Wulan Juni, Andi Nurkausiani dan Reskawati menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2022, 29 dan 30 Maret 2022 di Birawa Ballroom Hotel Bidakara Jakarta. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI ini mengangkat tema Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional.
Rakornas berlangsung secara luring dan daring selama 2 hari. Untuk luring diikuti 750 peserta dan untuk daring disiarkan langsung/ live streaming melalui zoom dan kanal YouTube yang diikuti 9.250 peserta. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 10.000 peserta.

Rapat Koordinasi Nasional yang diikuti Beberapa Bupati, Wakil Bupati, Rektor, Dekan serta Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi, Kabupaten dan Kota, Ketua Asosiasi Profesi Pustakawan, Forum Perpustakaan, Para Pustakawan dan Pegiat literasi seluruh Indonesia bertujuan untuk menyamakan persepsi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam membangun kekuatan untuk mengimplementasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 tentang peningkatan Sumber Daya Manusia dengan tujuan menguatkan kolaborasi dan komitmen antar pemangku kepentingan dalam mewujudkan Pembangunan Perpustakaan lintas pusat dan daerah secara berkesinambungan.

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando dalam sambutannya di hadapan peserta Rakornas mengatakan bahwa Rakornas ini merupakan suatu kesempatan dan momentum bagi kita semua didunia Kepustakawanan dan Perpustakaan. “Rakornas memastikan bahwa mandatory UUD 1945 yakni mencerdaskan kehiduapan bangsa bisa dilaksanakan dengan baik. Jika cerdas, Insyaallah sejahtera, NKRI utuh untuk selama-lamanya,” tegasnya.
Syarif Bando menambahkan, kalau cerdas, sejahtera dan kuat maka akan menjadi bagian percaturan global tetapi kalau kita lemah kita bisa diinvasi (dikuasai) bangsa lain. “Sudah saatnya Perpustakaan di Indonesia bangkit dengan kebijakan paling fundamental. Kita berharap inilah kesempatan para petinggi bangsa dan orang-orang yang punya kesempatan membuat kebijakan publik khususnya kebijakan anggaran dalam pengembangan perpustakaan. Saat ini sekecil apapun anggaran Perpusnas kami tetap berkomitmen dan berbagi dengan daerah karena disana pondasinya”, ungkap Syarif Bando.

Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy sekaligus sebagai pembicara kunci dengan tema Peta Jalan Peningkatan Literasi Memperkuat Kolaborasi Antar Lembaga dalam Mewujudkan Masyarakat Berbudaya Literasi Indonesia. ***

  • Bagikan