Desa Bira Kini Miliki Si Jawara, Andi Utta: Desa Cerdas Bisa Jadi Percontohan di Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Pemerintah Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba kini memiliki Si Jawara atau Sistem Informasi Jaga Wargata. Aplikasi berbasis android ini membantu masyarakat di Desa Bira dalam mengakses layanan publik termasuk masalah kedaruratan. “Aplikasi Sijawara ini berbasis android, sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Warga tinggal memencet tombol diaplikasi jika membutuhkan pertolongan. Setelah itu petugas akan mendatangi yang bersangkutan yang dipandu oleh google maps,” ujar Kepala Desa Bira, Murlawa saat memberikan sambutan.
Selain Si Jawara, Kades Bira juga memperkenalkan Serambi Digital yang merupakan tindak lanjut dari terpilihnya Desa Bira sebagai salah satu Desa Cerdas di Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi. Inovasi dari Desa Bira ini diresmikan oleh Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, Rabu 6 April 2022 yang hadir bersama istri, Andi Herfida A. Selain Si Jawara dan Serambi Digital, Bupati juga meresmikan pembangunan pelayanan air bersih yang ada di kantor Desa Bira.

Murlawa menyebut pelanggan dari layanan air bersih sebanyak 100 rumah tangga dengan panjang jaringan 1,38 kilometer. Ke depan, Pemdes akan menambah jaringan hingga 2,5 km.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi terobosan Pemerintah Desa Bira dalam memberikan layanan kepada masyarakat berbasis teknologi informasi.

“Saya kira ini merupakan terobosan dalam mendorong terwujudnya Smartcity di Kabupaten Bulukumba, khususnya di wilayah yang menjadi tujuan wisata di Bulukumba untuk menunjang aktivitas warga,” ungkapnya.

Digitalisasi Desa, tambah Andi Utta sapaan akrabnya sesuai denagn semangat pelaksanaan Misi Pemerintah Daerah yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan dan layanan publik.

Olehnya itu, pihaknya terus mendorong, bagaimana instansi pemerintah dan pemerintah desa mewujudkan Bulukumba sebagai daerah Smartcity ke depan.

“Saya kira, Desa Bira ini bisa menjadi contoh untuk desa lainnya dalam menerapkan Desa Digital dalam rangka memudahkan layanan kepada masyarakat,” kata Andi Utta. ***

  • Bagikan