Ibadah Haji Tahun Ini Dibuka, Bulukumba Masih Tunggu Kuota

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Kerajaan Arab Saudi resmi mengumumkan penyelenggaraan haji 1443 H dengan total jemaah mencapai 1 juta orang, pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. Sabtu, 9 April 2022.

Pemerintah Indonesia termasuk di daerah-daerah menyambut positif atas pengumuman terbaru dari otoritas Saudi ini.
Salah satu yang menyambut baik pengumuman tersebut yakni Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bulukumba.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Bulukumba, Hakim Bukhari, yang dikonfirmasi, Senin, 11 April 2022, mengatakan, bahwa penetapan kuota jamaah haji yang ditetapkan itu merupakan kuota seluruh dunia.

Hakim mengungkapkan, bahwa pihaknya masih menunggu penetapan kuota jemaah Indonesia termasuk di Kabupaten Bulukumba.
“Untuk kuota sedunia, untuk Indonesia, apalagi provinsi dan kabupaten sementara kita tunggu, sekedar perbandingan, saat normal kuota sedunia 2,5 sampai 3 juta, saat ini hanya satu juta sedunia, maka perkiraan kuota masing-masing negara sudah bisa diprediksi, hanya kuota resmi belum keluar,” terangnya.

Sementara untuk di Kabupaten Bulukumba, biasanya kuota jemaah haji per tahun itu sekitar 403 jemaah, namun saat ini belum dapat diprediksi berapa kuota untuk Kabupaten Bulukumba.

“Saya belum berani menentukan (jumlah kuota jemaah haji untuk Kabupaten Bulukumba), kita tunggu saja juknis dan penetapan kuota tiap kabupaten,” ujarnya. Terkait waktu pemberangkatan, menurut Hakim jemaah haji Bulukumba ditargetkan berangkat sekitar pertengahan atau akhir Juni 2022. (ewa)

  • Bagikan

Exit mobile version