Bupati Berencana Bangun Jalur Dua Menuju Bira

  • Bagikan
Ilustrasi jalanan jalur dua/Pixabay

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Libur panjang lebaran Idul Fitri 1443 Hijiriah tahun ini memiliki cerita tersendiri.
Selain masalah sampah yang menggunung di kawasan Pantai Bira, hal lainnya adalah kemacetan yang luar biasa menuju pantai Bira dan beberapa objek wisata di bagian ujung selatan Bulukumba itu.
Terjadinya kemacetan luar biasa itu diakibatkan lonjakan wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi lalu menumpuk di pintu masuk yang hanya memiliki dua loket tersebut.
Kondisi tersebut diakui Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf perlu mendapatkan perhatian serius, mengingat tahun-tahun berikutnya tidak menutup kemungkinan kemacetan luar biasa akan kembali terjadi, apalagi Bira saat ini semakin dikenal luas ditambah dengan kawasan Titik Nolnya.
Kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Andi Utta mengaku akan memprogramkan pembangunan jalan dua jalur menuju kawasan Bira. Hanya saja memang, saat ini belum bisa dilakukan lantaran kemampuan anggaran yang belum memungkinkan.
"Kita sementara mencarikan cara, salah satunya apakah akan dikerjasamakan pihak swasta atau pihak ketiga untuk dua jalur ini," jelasnya, Sabtu, 7 Mei 2022.
Selain jalan menuju kawasan Bira, memang ada beberapa jalan menuju objek wisata yang masih perlu dilakukan perluasan seperti ke arah Pantai Lemo-lemo dan Pantai Bara.
"Solusinya itu jalur dua, lebar jalannya harus 12 meter, ini yang kita sedang pikirkan," ujarnya. 
Menurutnya dengan membuka dua loket pintu masuk Bira belumlah sepenuhnya menjadi solusi, apalagi jika kondisi pengunjung yang banyak. 
"Wisatawan biasanya 6 ribu orang sampai 8000 saja pengunjung sudah macet ini sudah di atas 20 ribu yah, sudah over kapasitas," ucapnya.
Olehnya memang rencana tersebut harus memang dipikirkan bersama untuk direalisasikan apalagi memang sumber PAD yang terbesar adalah sektor pariwisata.
"Kalau hanya cerita tidak dikerja sama saja, kalau tidak difokuskan anggaran pasti tidak  akan maksimal fasilitas wisata di Bira dan terus macet dan akan seperti ini terus kejadiaannya," katanya.
Terakhir, solusi lainnya untuk mengurai kemacetan khususnya menuju pintu masuk Bira adalah dengan membuka pintu masuk dari arah Lemo-lemo-Bara menuju Pantai Bira.
"Jadi tidak hanya pintu masuk di Bira tapi bisa di Lemo-lemo," tutupnya. (faj/has/B)

  • Bagikan