SMA Negeri 17 Bulukumba Siap Menuju Sekolah Berakreditasi tahun 2022. 

  • Bagikan
Persiapan berkas SMA 17 Bulukumba menuju tes akreditasi

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMA Negeri 17 Bulukumba tengah melengkapi persyaratan menuju akreditasi sekolah tahun 2022. Penilaian meliputi manajerial hingga kelayakan gedung dan kebersihan lingkungan sekolah.

Kepala SMAN 17 Bulukumba, Erni Handayani mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan termasuk administrasi dan sistem pembelajaran. Walaupun sebelumnya sekolah ini sudah mendapat akreditasi A, namun dalam jangka waktu lima tahun harus di update kembali.

"Ada banyak persiapan yang terus dilakukan sejak bulan puasa kemarin dan semua jajaran SMAN 17 Bulukumba dikerahkan untuk bekerja dengan harapan akreditasi A ini dapat dipertahankan. Inshaallah validasi dan verifikasi
hasil visitasi oleh assesor dan BANP mulai tanggal 23 sampai 25 Juni 2022. Kemudian verifikasi hasil validasi dan verifikasi hasil visitasi oleh BAN SM
dan BANP mulai tanggal 1 sampai 2 Juli 2022,"ujarnya, Minggu 8 Mei 2022.

Erni menjelaskan, berdasarkan aturan Kementerian Pendidikan ada 8 (delapan) standarnisasi menuju sekolah terakreditasi. Mulai standar pembiayaan, standar pengelolaan, standar penilaian, standar proses, standar sarpras, dan kompetensi lulusan, standar PTK, dan standar isi.

Sekolah yang sudah terakreditasi, kata dia, mempunyai nilai plus. Salah satunya penambahan kuota pada penerimaan mahasiswa di pertuguran tinggi.

Selain itu, akreditasi akan menjadi penilaian bagi pemerintah terkait kualitas pendidikan di unit pendidikan atau sekolah. Termasuk fasilitas dan kelayakan sekolah yang menjadi acuan dalam penyaluran bantuan.

"Kami berharap hasil penilaian nantinya menjadi bahan evaluasi bagi sekolah dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan khussunya di SMAN 17 Bulukumba,"tutupnya. (*)

  • Bagikan