SMPN 47 Bulukumba Terapkan Ujian Sekolah Sistem Hybrid

  • Bagikan
Ujian sekolah di SMPN 47 Bulukumba, Senin 9 Mei 2022.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — SMPN 47 Bulukumba melaksanakan ujian sekolah dengan sistem hybrid. Secara teknis istem ini memadukan dua cara, yaitu dalam jaringan (during/online) maupun luar jaringan (luring/offline) yang berlangsung mulai Senin, 9 hingga 13 Mei 2022.

Salah satu gur, Jawil menjelaskan, dalam pelaksanaan ujia sekolah, sistem hybrid menerapkan ujian secara manual menggunakan kertas dan pulpen serta komputer. Penggunaan komputer sendiri bertujuan pembiasakan siswa dengan teknologi serta mendukung program digitalisasi sekolah.

“Pelaksanaan ujian secara kombinasi ini baru diterapkan tahun ajaran 2021/2022 ini. Alhamdulillah sejak ujian di hari pertama hingga hari kedua berjalan lancar. Sebelum ujian dilakukan simulasi sebagai persiapan,” terangnya, Selasa 10 Mei 2022.

Jawil juga menjelaskan, ujian sekolah merupakan kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan muatan lokal sesuai standar nasional pendidikan. Hal ini mengindikasikan penghargaan terhadap semua bentuk kecerdasan peserta didik.

“Insha Allah setelah ini akan dilanjutkan dengan ujian nasional. Kami berharap ujian sekolah tahun ini seluruh siswa mendapatkan hasil yang baik,”tutupnya. (sum/man/c)
—-
Kepala MTsN 1 Bulukumba, Muhammad Asdar berfoto bersama tiga pelajar yang siap berkompetisi di Popda, Selasa 10 Mei 2022.

MTsN 1 Bulukumba Utus Tiga Pelajar di Popda

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — MTSN 1 Bulukumba mengutus tiga pelajarnya mengikuti seleksi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Kabupaten Bulukumba 2022. Event olahraga yang berlangsung mulai Selasa 10 hingga 12 Mei 2022 itu dibuka Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Yusuf di Gelanggang Olahraga Bulukumba, Selasa 10 Mei 2022.

Kepala MTsN 1 Bulukumba, Muhammad Asdar mengatakan, pada kegiatan ini pihaknya mengutus tiga pelajar. Mereka akan bertanding di tiga cabang olahraga dari tujuh cabang yang dipertandingkan.

“Kami optimis ketiga anak didik kami bisa memberikan hasil terbaik. Mereka merupakan aset daerah yang memiliki potensi ke depan untuk dikembangkan,” ucapnya.

Asdar mengaku, POPDA menjadi ajang pencairan bakat generasi di bidang olahraga. Selain itu, event ini juga sebagai upaya membangun generasi muda yang sehat jasmani dan rohani serta berpengetahuan, terampil, dan berdaya saing.

“Kami beharap seleksi event olahraga ini mampu menggali, membina, dan mengembangkan bibit-bibit atlet berbakat dari kalangan pelajar untuk menjaga kelangsungan dan upaya dalam mencetak generasi berprestasi dari Bulukumba,” imbuhnya.(sum/man/c)
————————————————————————————–

UKK di SMK Teknologi Informatika Kabupaten Bulukumba, Selasa 10 hingga 17 Mei 2022.

SMK Teknologi Informatika Gelar UKK

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Sebanyak 40 siwswa kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Teknologi Informasi (TI) Bulukumba mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Ujian ini berlangsung sejak Senin 9 hingga 17 Mei 2022.

Panitia UKK, Magfidar mengatakan, ujian tersebut merupakan syarat wajib seluruh siswa SMK yang ingin menyelesaikan pendidikan di SMK. Hasil ujian menjadi salah satu syarat kelulusan siswa.

“Jadi selain ujian sekolah, UKK juga merupakan salah satu syarat untuk kelulusan bagi seluruh siswa SMK,”ujarnya.

UKK sendiri, lanjut Magfidar, bertujuan mengukur tingkat kompetensi siswa. Pasalnya, tolok ukur SMK adalah bagaimana menghasilkan lulusan yang siap pakai sesuai kebutuhan dunia kerja dan dunia
industrial.

“Siswa yang telah mengikuti UKK akan mendapatkan sertifikat kelulusan UKK,” tutupnya. (sum/man/c)

  • Bagikan