Harkitnas, Singgung Dampak Covid Hingga Konflik Rusia-Ukraina

  • Bagikan
Bupati Bulukumba, A. Muchtar Ali Yusuf dalam upacara HARKITNAS yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Jumat, 20 Mei 2022

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Bulukumba menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022. Upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Jumat, 20 Mei 2022 itu dipimpin Bupati, Andi Muchtar Ali Yusuf.

Upacara yang mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama” ini diikuti aparatur Pemerintah Kabupaten Bulukumba beserta jajaran TNI dan Polri. Termasuk unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan Kepala Kantor Kementerian Agama.

Andi Utta sapaan akrab bupati membacakan sambutan seragam Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. Dalam sambutannya, Menkominfo mengatakan, ada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Harkitnas sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini,” kata Andi Utta membaca sambutan menteri.

Lebih lanjut dikatakan, di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil. Maka kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif. Ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus.

Selain itu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen.

“Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional,” katanya.

Dalam sambutan tersebut, menteri Kominfo memaparkan kondisi perekonomian Indonesia. Pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan.

Dari sisi produksi, tiga lapangan usaha mengalami pertumbuhan tinggi, yakni sektor usaha transportasi dan pergudangan 15,79 persen. Kemudian sektor jasa-jasa lain 8,29 persen dan sektor informasi dan komunikasi 7,14 persen.

“Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia,” pintanya.

Pada upacara Harkitnas tahun 2022 ini, peserta upacara dibatasi dengan hanya mengutus perwakilan peserta dari OPD maupun dari TNI Polri dan instansi vertikal lainnya.(*)

  • Bagikan