Pemenang Lelang Randis Didominasi Peserta Luar

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemenang lelang kendaraan dinas yang digelar Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Bulukumba diumumkan, Senin, 23 Mei 2022. Terdapat 83 barang yang dilelang di antaranya 12 unit mobil, 1 unit roda tiga, 59 roda dua, dan 1 paket rongsokan.

Dari total unit yang dilelang, 65 di antaranya yang berhasil terjual. Meski masih ada kendaraan yang tidak terjual, namun nilai lelang mencapai total  Rp. 653.311.561.

"Jadi total kenaikan itu lebih dari 100 persen dari harga unit sekitar Rp 300 juta lebih," kata Armadi selaku pimpinan lelang dari KPKNL saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID setelah pengumuman hasil lelang.

Pemenang lelang didominasi peserta dari luar Kabupaten Bulukumba. Misalnya dua unit mobil Toyota Rush dimenangkan oleh Irfan Karing Dg Tarra yang bukan warga Kabupaten Bulukumba dengan harga penawaran masing-masing lebih dari Rp. 70 juta.

"Lelang kan secara online, jadi pembeli tidak hanya warga Bulukumba juga bisa dari luar bahkan dari luar Sulawesi. Itu dibenarkan oleh regulasi, dan memang regulasinya seperti itu," terang Armadi.

Kepala Bidang Aset BPKPD Bulukumba, Sri Irma, yang dikonfirmasi menjelaskan, semua hasil lelang akan dimasukkan ke kas daerah sebagai pendapatan asli daerah (PAD). Namun, menurutnya, penghasilan dari lelang itu belum diterima sepenuhnya karena pemenang masih memasukkan uang jaminan.

"Paling lambat lima hari setelah diumumkan (pemenang lelang harus melunasi unit yang dimenangkan)," ujar Sri mengingatkan.

Sementara jika pemenang lelang tidak mengambil unit, maka uang jaminannya dinyatakan hangus. Penetapan pemenang lelang yang digelar secara terbuka di Kantor BPKPD itu berlangsung kondusif.

Terlihat beberapa peserta lelang yang hadir secara langsung. Namun beberapa di antaranya harus pulang dengan tangan kosong. (ewa/man/b)

  • Bagikan