Proses Pemakaman Rudiyanto Asapa Dihadiri Warga Sulsel yang Ada di Makkah

  • Bagikan
H. Syamsuddin, mantan Bupati Pangkep (tengah) mendampingi proses pemakaman Rudiyanto Asapa di Makkah, Arab Saudi.

MAKKAH, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Prosesi pemakaman Rudiyanto Asapa, mantan Bupati Sinjai dan ayah dari Bupati Sinjai saat ini Andi Seto Asapa, berlangsung sederhana dan khidmat, di Pekuburan Ma'la di Makkah, Arab Saudi, Senin 30 Mei 2022.

Rudiyanto Asapa wafat di tengah menunaikan ibadah umrah, Senin, 30 Mei 2022 dan dimakamkan hari itu juga di Makkah. Hal itu diungkapkan, mantan Bupati Pangkep, H. Syamsuddin A. Hamid yang saat ini sedang berada di tanah suci bersama sang istri Hj. Rismayani.

Saat dihubungi, mantan Ketua Golkar Pangkep tiga periode ini mengaku mengikuti semua proses pemakaman. Mulai dari rumah sakit saat saat jenazah dimandikan, dikafani sampai dibawa ke pekuburan. Syamsuddin menjelaskan, ia dan istrinya juga sedang menunaikan ibadah umrah. "Saat di Makkah saya dengar Pak Rudiyanto sakit. Saya kira beliau sudah balik ke Indonesia. Tapi pagi ini, kabar duka itu saya ketahui. Dan saya langsung menuju ke RS tempat beliau dirawat yakni Rumah Sakit An Nur, Makkah, Arab Saudi," ujarnya.

Syamsuddin menjelaskan, informasi akan RS yang ditempati Rudiyanto Asapa atas petunjuk dari Nurdin Halid, mertua dari Andi Seto Asapa. " Setelah mendapat arahan dari pak Nurdin Halid, saya langsung ke tempat beliau dirawat," katanya.

Syamsuddin juga mengungkapkan kalau jenazah disalatkan oleh banyak orang, termasuk warga Indonesia khususnya warga Sulsel yang sedang melaksanakan ibadah umrah.

Andi Rudiyanto merupakan Bupati Sinjai periode 2003-2008 dan 2008-2013. Besan Nurdin Halid itu juga pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulsel di Pilgub 2013 lalu, berpasangan dengan Andi Nawir, mantan Bupati Pinrang.(nad)

Riwayat Pekerjaan Andi Rudiyanto Asapa:


-Pengacara Praktek
-Ketua Yayasan Pelayanan Hukum Kencana Keadilan Sulsel
-Advokat
-Director Law Film Andi Rudianto Asapa, SH dan Associates
-Direktur LBH Makassar
-Sekjend. Majelis Nasional PBHI dan HAM Pusat
-Pimpinan Dewan Penyantun Yayasan LBHI Pusat
-Penasehat Hukum Pemda Gowa
-Penasehat hukum Pemkot Makassar
-Penasehat Hukum Pemda Kab. Luwu Utara
-Penasehat Hukum Pemda Kab. Pangkep
-Bupati Sinjai (2003—2008)
-Bupati Sinjai (2008—2013)

Riwayat Organisasi
-Pimpinan Dewan Pembina/Dewan Penyantun Yayasan LBH Indonesia (YLBHI) (2005—2010)
-Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulawesi Selatan (2011—)
-Ketua DPD Partai Gerindra Sulawesi Selatan (2010—2015)
-Anggota Badan Kerjasama Kabupaten Seluruh Indonesia, Sulawesi Selatan

  • Bagikan