Pustakawan Harus Bisa Perbaiki Keadaan dengan Kompetensi yang Makin Meningkat

  • Bagikan
Kepala Perpustakaan Nasional Syarif Bando.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kepala Perpustakaan Nasional Syarif Bando menegaskan bahwa tenaga fungsional perpustakaan (pustakawan) harus bisa mengubah keadaan. "Memotivasi rakyat dengan membaca, melahirkan kesadaran dan memperbaiki keadaan," ujar Syarif, Senin 31 Mei 2022 di Hotekl Aryaduta Makassar.

Syarif Bando hadir dalam rangka Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan tingkat Provinsi Sulsel dan Diklat Penyetaraan Jabatan Administrasi yang dialihkan ke jabatan fungsional se-Sulsel.

Acara pembukaan Sosialisasi Jabatan Fungsional tersebut dihadiri 100-an pustakawan se-Sulawesi Selatan. Para pustakawan mendapatkan materi-materi tentang pustakawan meliputi 13 klaster keahlian. Diantaranya, pelayanan, pendistribusian, dan alih media.

"Ini kesempatan terbaik untuk para pustakawan dalam meningkatkan kompetensinya," tegas Syarif.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri A. Palallo yang ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID menyambut baik kegiatan sosialisasi dan diklat bagi para pustakawan. Menurut Tenri, para pustakawan khususnya di Kota Makassar diharapkan memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang baik serta siap menghadapi revolusi industri dan perkembangan teknologi yang sangat pesat. (rls)

  • Bagikan