Pemkab Lutra Bantu Warga Bone Tua dan Lantang Tallang Peroleh Sertipikat

  • Bagikan
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyerahkan sertipikat tanah kepada warga di Masamba.

MASAMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah kabupaten Luwu Utara melakukan Penyerahan Sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kelurahan Bone Tua dan Desa Lantang Tallang Kecamatan Masamba, Kamis 2 Juni 2022 di Pelataran Kantor Bone Tua Kecamatan Masamba dan Pelataran Kantor Desa Lantang Tallang.

Lurah Bone Tua, Risnar melaporkan, tahun 2022 Kelurahan Bone Tua mendapatkan jatah 1.250 bidang tanah untuk diuruskan sertipikatnya. "Semoga program PTSL ini mencapai target dengan kerjasama dan antusias masyarakat untuk mengurus sertipikat," ujarnya.

Risnar juga menyampaikan bahwa hari ini sertipikat yang akan dibagi adalah 99 sertipikat dan jelas dengan adanya sertipikat hak kepemilikan secara hukum itu sudah jelas.

Kasi Pertanahan, Kantor Pertanahan Luwu Utara, Hamzah SH menambahkan, proses penerbitan sertipikat menjadi lebih mudah karena adanya kerjasama warga. "Terima kasih atas support masyarakat dan juga Pemda Kabupaten Luwu Utara untuk PTSL sehat di Kabupaten Luwu Utara," katanya.

Ada 8.000 bidang tanah yang sudah terukur dan kurang lebih 15.000 pemilik yang sudah mengukurkan tanahnya. Sehingga, di tahun 2022 ada sekitar 8.000 sertipikat, sementara untuk tahun 2023 kemungkinan besar akan terus bertambah.

"Saya laporkan untuk PTSL di desa Lantang Tallang targetnya adalah 360 bidang tanah, dan sampai hari ini sudah selesai sebanyak 150 bidang, dan hari ini akan kita bagikan 50 sertipikat selebihnya akan menyusul," ujar Hamzah.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan selamat kepada warga yang telah dan akan menerima sertipikat. "Bapak ibu yang telah dan yang akan diberikan sertipikat tanahnya, saya ucapkan selamat," ujar Indah.

Tahun 2022 ini ada 8.000 sertipikat yang akan dibagikan ke 10 desa atau kelurahan yang ada di Kecamatan Masamba. Menurut Bupati ini adalah bagian dari program Kotaku Sehat atau kota lengkap. "Karena kita punya cita-cita mudah-mudahan Kota Masamba ini menjadi ibukota Kabupaten Luwu Utara, kota lengkap pertama di Sulsel," ujar Indah.

Indah juga bersyukur karena pemerintah pusat melalui kementrian ATR/BPN hingga jajarannya ke bawah memberikan dukungan yang besar kepada Lutra.

"Di Sulsel kalau kita berbicara kinerja terbaik hingga saat ini yaitu PTSL termasuk juga PSN atau proyek strategis nasional adalah Kabupaten Luwu Utara," tambah Indah disambut tepuk tangan undangan.

"Saya minta tolong kepada kepala lingkungan atau dusun kalau ada datanya belum lengkap segera dibantu warganya agar target kita tahun ini bisa dibagikan semuanya," tandasnya.

Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, Kabupaten Luwu Utara mempunyai progres yang paling bagus. Bahkan secara nasional untuk proyek pengadaan lahan project strategis nasional kinerja ATR/BPN Kabupaten Luwu Utara juga yang terbaik.

"Terima kasih kepada teman-teman di kantor pertanahan Kabupaten Luwu Utara, saya tahu persis tidak mudah di era yang sudah berubah dibutuhkan percepatan dan target yang luar biasa," kata Indah.

Hadir dalam kegiatan ini, Camat Masamba Ajie Saputra dan Kepala Desa Lantang Tallang Jasmir. (rls)

  • Bagikan