Dekranasda Sulsel Kuatkan IKM Pasca Pandemi Melaui Ajang Sulsel Craft Show 2022

  • Bagikan
Salah satu stand yang ada di pameran Dekranasda Sulsel.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dekranasda atau Dewan Kerajinan Nasional adalah sebuah lembaga nirlaba yang bertugas untuk memfasilitasi para pecinta dan peminat produk kesenian. Lembaga ini menjadi wadah yang memayungi serta mengembangkan produk kerajinan serta turut serta mengembangkan usaha tersebut. Selain itu, Dekranasda juga turut berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, dimana sebagian anggotanya adalah kelompok usaha kecil dan menengah.

Indonesia sendiri adalah bangsa yang memiliki 1.128 suku bangsa, 17.504 pulau dan jutaan kesenian dari berbagai budaya yang perlu didukung dan terus dikembangkan. Dengan adanya Dewan Kerajinan Nasional ini akan membantu mendorong para perajin untuk terus berkarya, sehingga bisa menjadi perajin berdaya.

Dekranasda saat ini telah memiliki berbagai cabang di tiap daerah sebagai wadah untuk memajukan semua potensi yang ada di daerah pada seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya adalah Dekranasda Sulawesi Selatan. Menggandeng Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan, Dekranasda Sulsel menggelar Pameran Sulsel Craft Show 2022 di Hotel Four Points By Sheraton Makassar. Pameran dikemas dalam konsep direct selling dan product display dengan mengangkat thema "South Sulawesi Craft Show 2022" yang berlangsung 5 sampai 8 Juni 2022.

Selain pameran, Dekranasda Sulsel juga menggelar Musda yang akan diselenggarakan tanggal 7 hingga 8 Juni mendatang. Musda ini mengangkat tema “ Membangkitkan IKM Pasca Pandemi Covid 19”.
Ketua Pelaksana Kegiatan Sulsel Craft Show 2022 Sukarniaty Kondolele menjelaskan, tema ini diangkat sebagai bentuk kepedulian DEKRANASDA terhadap kemajuan IKM di Sulsel.

“Tema membangun IKM pasca pandemi Covid 19 diangkat karena dekranasda peduli dan ingin memberikan penguatan dengan gerakan nyata agar IKM menggeliat kembali khususnya pada pasca pandemi ini yang mana 2 tahun kemarin melalui masa-masa sulit dan saatnya IKM bangkit agar bisa eksis dengan produk-produk kerajinannya untuk berkontribusi dalam pergerakan ekonomi masyarakat Sulsel”, jelas Sukarniaty.

Pada ajang Sulsel Craft Show 2022 hari kedua ini, beragam kegiatan yang akan digelar antara lain, Fashion Show dari sejumlah kabupaten, seperti Barru, Bone. Sedangkan fashion show menarik lainnya yakni design batik luwu, kain rongkong dan baju adat rampi serta tarian kreasi yang merupakan binaan Dinas Pariwisata dan Dekranasda Luwu Utara.

Selain itu, juga akan digelar Workshop “Sunda Siger Hijab Lock” yang dibawakan oleh Forum MUA Indonesia serta demo parade perhiasan pengantar bugis- Makassar. Kegiatan Sulsel Craft Show 2022 ini yang diselenggarakan juga bekerjasama dengan PT Wahyu Promo Citra yang bertindak selaku EO. (rls)

  • Bagikan