Kerajinan Atap Konjo Raih The Best Product di Ajang Sulsel Craft Show 2022

  • Bagikan
Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf didampingi istri Andi Herfida Attas meninjau booth Bulukumba yang memamerkan kerajinan khas dari Butta Panrita Lopi.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Produk unggulan dari Kabupate Bulukumba yakni kerajinan Atap Konjo berhasil meraih predikat The Best Product untuk kategori natural fibers pada ajang Sulsel Craft Show 2022. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, 5-8 Juni 2022. Selain kerajinan produksi Atap Konjo, Bulukumba juga membawa produk unggulan lainnya seperti sarung tenun Bira, dan sarung tenun Lelleng Kajang.

“Alhamdulillah, produk Atap Konjo masuk nominasi dan berhasil meraih The Best Product untuk Natural Fibers Kategory,” kata Kabid Perindustrian Bulukumba, M. Idham.

Bupati Bulukumba yang hadir langsung pada event tersebut mengaku bangga dan berjanji akan memperhatikan IKM-IKM lokal khas Bulukumba yang selama ini menjadi dampingan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Kabupaten Bulukumba.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memuji semua produk khas Bulukumba yang dihadirkan pada kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini, seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota diundang, tidak terkecuali Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf didampingi istri, Andi Herfida Attas bersama OPD terkait hadir mengikuti acara pembukaan.

Pameran dan konferensi produk kerajinan dan perhiasan ini berlangsung sejak tanggal 5-8 Juni 2022 dengan mengusung tema “Membangkitkan IKM Pasca Pandemi Covid-19”.

Dekranasda Sulsel serta Kabupaten/Kota turut mengikutsertakan beragam kerajinan khas daerahnya. Bahkan diikuti oleh Dekranasda Sumatera Selatan.

“Kita harap melalui pameran ini, dapat membantu usaha-usaha industri kecil menengah (IKM) untuk bangkit. Kita ingin bagaimana, masyarakat kita bisa berdaulat di wilayah kita sendiri,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Ia pun mengajak kepada para Bupati/Walikota se Sulsel untuk mendorong penggunaan produk lokal. “Kita berharap melalui kegiatan ini, sebagai semangat melangkah untuk membangkitkan IKM-IKM di Sulsel, sebagai upaya pemulihan ekonomi. Mari kita menggalakkan, bangga buatan dalam negeri, bangga buatan Indonesia,” pungkasnya. (nad)

“Alhamdulillah, produk Atap Konjo masuk nominasi dan berhasil meraih The Best Product untuk Natural Fibers Kategory,” kata Kabid Perindustrian, M. Idham.

dan UKM Bulukumba.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina berharap melalui kegiatan ini menjadi wadah pembinaan pelaku usaha khususnya di sektor kerajinan untuk mendorong semangat berkreasi dalam upaya peningkatan kesejahteraan perajin.

“Musda ini tujuannya adalah membahas Program Kerja Tahun 2022 dan Menyusun Program Kerja Tahun 2023 sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan Dekranasda selama setahun ke depan,” katanya.

Lanjutnya, “Musda tahun 2022 ini dirangkaikan dengan Pameran Sulsel Craft Show 2022 yang diselenggarakan untuk membangun kembali semangat para pelaku industri kreatif produk kerajinan yang secara khusus didesain untuk mempertemukan langsung produsen dengan distributor dan konsumen potensial, sehingga tercipta inovasi dan kolaborasi untuk maju bersama dalam memenuhi kebutuhan pasar yang semakin kompetitif,” terangnya.

  • Bagikan