Pemkab Anggarkan Rp2 Miliar untuk Porprov Sulsel, Atlet Siap Rebut Emas

  • Bagikan
PASI Bulukumba target merebut emas di sejumlah cabor pada Porprov Sulsel 2022.
BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengalokasikan anggaran Rp2,33 Miliar untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2022.

Anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bulukumba tahun anggaran 2022.

Anggaran Rp2 M lebih  itu sudah termasuk di dalamnya untuk pembinaan terhadap atlet, akomodasi, dan juga untuk biaya pembenahan venue.

Kendati demikian, total anggaran Rp2 M dinilai belum dapat memenuhi kebutuhan anggaran dalam pelaksanaan Porprov, apalagi Kabupaten Bulukumba merupakan tuan rumah.

Dan sampai saat ini juga belum ada anggaran dari pemerintah provinsi yang diberikan kepada Kabupaten Bulukumba sebagai tuan rumah Porprov XVII.

Salah satu venue yang belum memadai yakni lapangan volley in door. Padahal cabang olahraga (Cabor) volley in door ini akan dihelat di Kabupaten Bulukumba.

Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Bulukumba, Andi Irma Damayanti, membenarkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba telah menghibahkan anggaran untuk pelaksanaan Porprov.

"Terkait Porprov sebenarnya sudah ada di hibah KONI sebesar kurang lebih Rp2 M namun masih terdapat kekurangan anggaran terhadap pelaksanaannya," kata Irma baru-baru ini.

Irma mengungkapkan, bahwa pihaknya telah bertemu dengan KONI terkait anggaran pelaksanaan Porprov yang dinilai masih belum memadai.

"Ini sementara kita bahas terkait kontribusi Provinsi. (Karena) anggaran Rp 2 M dianggap belum cukup berdasarkan perhitungannya KONI," kata Andi Irma.

 Atlet Siap Torehkan Emas


Rencananya Porprov XVII akan digelar pada September 2022, di mana Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinjai akan bertindak sebagai tuan rumah.

Untuk Kabupaten Bulukumba sendiri akan menggelar 13 cabang olahraga (Cabor) di antaranya Bola Voli Indoor, Voli Pasir, Bulutangkis, Tenis Meja, Kompo, Balap Sepeda, Panahan, Bilyard, Tenis Lapangan, Pencat Silat, Taekwondo, Menembak, dan Catur.

Sebagai tuan rumah, atlet Porprov Kabupaten Bulukumba tentu ditargetkan untuk mendulang medali emas semaksimal mungkin.

Salah satunya di Cabor atletik. Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Bulukumba, Andi Muhammad Amri, mengatakan bahwa ia menargetkan 4 emas pada Cabor atletik.

Namun Andi Amri enggan membeberkan Cabor apa saja di PASI Bulukumba yang pihaknya targetkan untuk meraih medali emas.

"Kalau kita di PASI menarget empat emas, soal Cabor apa saja yang kami target itu belum bisa kami beberkan karena itu bagian dari strategi," ujar Amri.

Amri mengungkapkan, bahwa PASI sendiri mengikutkan 17 nomor di berbagai cabang olahraga atletik.

Saat ini para atlet dari Cabor atletik telah disiapkan. Termasuk biaya pembinaan atlet juga telah diterima.

"Alhamdulillah anggaran pembinaan sudah ada. Soal berapa nilainya kami tidak bisa berkomentar," tutupnya. (ewa)  
  • Bagikan