Hadapi Musim Pancaroba dengan Jaga Imunitas Tubuh Tetap Baik

  • Bagikan
Handayani
BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Memasuki pertengahan Juni 2022 ini, wilayah Kabupaten Bulukumba dan sekitarnya mulai memasuki musim penghujan. Masa peralihan dari musim panas dan musim hujan ini dikenal sebagai istilah pancaroba.

Masa peralihan dari satu musim ke musim yang lain ini umumnya ditandai dengan cuaca yang menjadi tidak menentu. Cuaca yang tidak menentu saat musim peralihan membuat banyak orang cenderung lebih mudah terjangkit penyakit seperti flu, batuk, hingga diare.

Handayani, salah satu ahli kesehatan masyarakat di Kabupaten Bulukumba, menjelaskan, terdapat tiga faktor penyebab masuknya penyakit, salah satunya kondisi lingkungan dan cuaca. Pertama, faktor internal dari orang yang bersangkutan seperti daya tahan tubuh yang dipengaruhi oleh pola hidup, pola makan, dan sosial budaya.

Kedua, keganasan bibit penyakit yang dipengaruhi oleh virus, bakteri, dan microorganisme lainnya. Dan ketiga, faktor lingkungan yang tidak higienis yang dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca serta kondisi geografis.

Perempuan yang lulus sebagai Master of Public Health, Faculty of Health Medicine and Life Science, Universiteit Maastricht the Netherlands ini memberikan beberapa saran yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh di tengah musim pancaroba. Menjaga imunitas dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, kurangi kadar lemak, kadar gula, garam, perbanyak sayur dan buah.

Selanjutnya, berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang terukur minimal 30 menit per hari, memperbanyak minum air putih, beristirahat yang cukup, dan melakukan kegiatan kelola stress.

Serta untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Disarankan mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menjaga kebersihan lingkungan. Misalnya dgn gerakan 3M plus untuk mencegah demam berdarah, dan menggunakan masker jika berada di ruang tertutup dan keramaian.

"Normatif memang, tapi ini hal-hal sederhana yang sebenarnya sangat bisa kita lakukan. Dan tidak ada biayanya," tutup Handayani yang ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Minggu 19 Juni 2022.    Cara Menjaga Imunitas di Musim Pancaroba:

1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi, kurangi kadar lemak, kadar gula, garam. perbanyak sayur dan buah;
2. Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang terukur  minimal 30 menit perhari;
3. Perbanyak minum air putih;
4. Beristirahat yang cukup;
5. Kelola stress;
6. Cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir;
7. Menjaga kebersihan lingkungan misalnya dengan gerakan 3M plus untum mencegah demam berdarah;
8. Gunakan masker jika berada di ruang tertutup dan keramaian.
(ewa)




 
  • Bagikan