Bergerak Cepat, Thaiyeb Maningkasi Bagi Bibit Unggul Durian Musangking Usai Dilantik Jadi Kadis Pertanian

  • Bagikan
Kadis Pertanian Thaiyeb Maningkasi dan Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Belum cukup 24 jam jadi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bulukumba, Thaiyeb Maningkasi langsung bergerak membagikan bibit unggul durian kepada warga.

Bulukumba,- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mulai melaksanakan program unggulan pemerintah daerah melalui pembagian bibit unggul gratis kepada kelompok tani.

Bibit unggul yang dibagikan melalui APBD adalah durian Musangking sebanyak 1.100 pohon yang dibagi kepada 5 kelompok tani dari Desa Baruga Riattang dan Desa Balangpesoang Kecamatan Bulukumpa.

Pembagian dan penanaman perdana dilakukan langsung Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf di dua wilayah desa ini, Kamis 30 Juni 2022.

Thaiyeb Maningkasi sendiri dilantik sebagai Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan pada Rabu 29 Juni. Esok harinya ia bersama jajarannya melakukan pembagian bibit unggul durian Musangking .

"Alhamdulillah belum 24 jam setelah dilantik, saya harus melaksanakan kegiatan pembagiaan dan penanaman perdana ini yang merupakan program unggulan dari bapak bupati," ungkapnya.

Menurutnya, pimpinan organisasi boleh berganti, tapi program pemerintah tetap harus berjalan seperti bibit unggul ini.

"Secara ekonomi, durian Musangking adalah produk buah yang memiliki nilai tambah sehingga diharapkan pendapatan petani juga meningkat," tambahnya lagi.

Mantan Kabag Pemerintahan melanjutkan, visi pemerintah dalam membangun Bulukumba sesuai dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki, sehingga sektor pertanian menjadi keniscayaan yang harus dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf kembali menegaskan bahwa salah satu cara meningkatkan kualitas produksi pertanian adalah dengan menanam bibit unggul yang akan menghasilkan buah unggul yang berkualitas, yang tentu harganya juga berbeda dengan buah biasa lainnya.

"Jika buah bapak ibu memiliki kualitas bagus maka dipastikan itu bisa diekspor. Tapi kalau buahnya biasa saja, lakunya hanya di pasar," bebernya.

"Jadi pilih mana, buah yang berkualitas ekspor atau tetap mempertahankan buah yang biasa saja," tanya Andi Utta sapaan

Menurutnya peningkatan ekonomi masyarakat juga akan seiring dengan pendapatan pemerintah daerah. Jika ekonomi masyarakat baik, tambah Bupati berlatar pengusaha ini, maka untuk menaikkan pajak juga tidak ada masalah.

"Begitu juga dengan masalah sosial lainnya, kita bisa selesaikan jika ada perbaikan ekonomi masyarakat," bebernya

Kepala Desa Baruga Riattang, Asrul Sani menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bulukumba yang memilih wilayah desanya sebagai sasaran pertama pembagian bibit unggul sekaligus akan menjadi percontohan.

"Mewakili masyarakat, kami mengucapkan terima kasih atas program bibit unggul ini. Semoga ke depan kesejahteraan petani kita ke depan semakin baik," bebernya.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba Tahun Anggaran 2022 melalui Kegiatan Pengembangan Bibit Unggul pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan telah mengalokasikan bantuan Bibit Durian Musangking Kaki Tiga sebanyak 1.100 pohon, yang diserahkan kepada 3 Kelompok tani di Desa Balangpesoang (600 pohon) dan 2 Kelompok Tani di Desa Baruga Riattang (500 pohon). (in)

  • Bagikan