Save The Children Gelar TOT Kesehatan Gigi dan Mulut di Luwu Utara

  • Bagikan

LUWU UTARA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Save The children Indonesia bersama Yayasan Celosia Marannu dengan dukungan Mars Wrigley Foundation menggelar Training Of Trainer (TOT) Kesehatan Gigi dan Mulut ( Healthier Smiles) di Kabupaten Luwu Utara, Rabu 13 Juli 2022.

Program Manager Celosia, Tengku Rodhan mengatakan, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 13-15 Juli 2022 di Aula Bappelitbangda Kabupaten Luwu Utara dan diikuti oleh 30 orang peserta.
"Kita melakukan TOT ini dengan harapan Kabupaten Luwu Utara memiliki kader-kader yang sudah dilatih dengan program kesehatan gigi dan mulut. Semoga ini bisa memberikan dampak yang signifikan untuk Kabupaten Luwu Utara," jelas Tengku Rodhan.

Sementara Sekretaris Daerah Ir. Armiadi mengungkapkan, ia berharap semua perserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik. "Karena kita tahu bersama kalau kegiatan ini sangat penting untuk anak-anak kita di Luwu Utara," tambahnya.
Di awal program dimulai dengan 20 sekolah inti, dan sekolah inti ini merupakan contoh awal penerapan program kesehatan gigi dan mulut di sekolah. Kemudian program ini akan direplikasi di 25 sekolah lainnya. Namun demikian pemerintah Kabupaten Luwu Utara akan menerapkan program ini ke seluruh sekolah dasar di Kabupaten Luwu Utara.
Pelatihan TOT ini dikembangkan sebagai referensi pilihan untuk tim pembina unit kesehatan sekolah, tenaga kesehatan dan fasilitator lainnya termasuk guru dalam menyampaikan topik kesehatan kepada siswa sekolah Dasar.
Armiadi berharap setelah Pelatihan TOT ini para peserta memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai materi yang berkaitan dengan kesehatan gigi. Baik itu perilaku PHBS, Gizi dan perlindungan Anak.
"Kita juga berharap peserta TOT memiliki keterampilan sikap positif dan kemampuan untuk mengajak serta memotivasi siswa untuk mengadopsi kebiasaan yang lebih sehat. (rls)

  • Bagikan