Lies Fachruddin ke RS Wahidin Semangati Pasien Kanker, Ibu-ibu Menangis

  • Bagikan
Ketua YKI Sulsel dan pengurus YKI Cabang Sulsel saat mengunjungi pasien kanker di rumah sakit, Kamis 4 Agustus 2022.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulsel Lies Fachruddin memanfaatkan waktunya selama berada di Makassar dengan melakukan sejumlah aktivitas sosial. Salah satu aksi sosial Lies Fachruddin adalah mengunjungi pasien kanker yang ada di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, Kamis 4 Agustus 2022.

Satu per satu pasien kanker yang ada di ruangan RS Wahidin disapa oleh Lies dan para pengurus YKI Sulsel. Lies juga membagikan bingkisan dan boneka kepada pasien anak-anak. Saat seorang balita yang baru saja menjalani operasi pada kedua matanya menerima boneka dari Lies, para pengurus YKI yang ikut menyaksikan tak kuasa menahan air mata. “ Ini apa?,” kata balita penyintas kanker sambil meraba boneka dengan kedua tangannya.

Kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Lies mengatakan, pasien kanker di Sulawesi Selatan terus meningkat. YKI sendiri sangat konsen pada persoalan kanker dan ikut bertanggungjawab memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai seluk beluk kanker.

“YKI pusatnya di Jakarta. Cabangnya tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Tugas kami ya harus care dengan pasien kanker,” ujar istri dari Nurdin Abdullah, mantan Gubernur Sulsel.

Lies juga menambahkan, YKI Sulsel punya cita-cita yang sangat besar. Yakni mewujudkan Sulawesi Selatan bebas dari kanker stadium lanjut. “Bagaimana mewujudkan mimpi itu ya tugas kami untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada  masyarakat. Masyarakat kita harus dibekali dengan pengetahuan dan kesadaran untuk memeriksakan diri sejak dini  jika ada keluhan dan gejala awal,” urainya.

Lies menyebutkan, semua kanker  pasti ada gejala awalnya. “Jangan abaikan dan segera periksakan diri ke dokter jika ada yang tak lazim dengan tubuh kita. Dengan begitu kita bisa mencegah terjadinya kanker dengan stadium lanjut,” tutur Lies.

Selain melakukan anjang sana ke rumah sakit,  Lies dan para pengurus YKI Sulsel juga melakukan live talkshow di TVRI Sulsel. Selain Lies Fachruddin yang hadir sebagai pembicara selaku Ketua YKI Sulsel, ada juga Dr dr Nani Iriani Djufri, dokter spesialis THT dan ahli bedah kepala dan leher RS Unhas tampil memberikan pemaparan soal kanker dan pencegahannya. (nad)

  • Bagikan