Putra Bulukumba Jadi Head Coach Rans Nusantara Milik Raffi Ahmad

  • Bagikan
Andi Eko, head coach di RANS Nusantara milik Raffi Ahmad.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Namanya Andi Aksam Anugerah Pratama atau yang akrab disapa Andi Eko. Putra asli daerah Kabupaten Bulukumba ini dipercaya sebagai pelatih kepala di Rans Nusantara kelompok usia 16.

Andi Eko dipercaya oleh manajemen tim milik 'Sultan Andara' Raffi Ahmad yang akan berlaga di Liga 1 U-16.

Sebagai tim profesional, Rans Nusantara juga melakukan pembinaan pemain secara berjenjang berdasarkan kelompok usia. Salah satunya kelompok usia U-16. Tim elite pro akademi yang kini digawangi oleh Andi Eko.

Karier Andi Eko sebagai pelatih profesional berawal saat dirinya dipercaya sebagai pelatih kepala MRC Bulukumba, saat itu Andi Eko membawa MRC Bulukumba hingga ke putaran final Liga 3 tingkat provinsi.

Setelah dari situ ia mengirim Curriculum Vitae ke salah satu akademi sepakbola di Jakarta. Dari sinilah bakatnya sebagai pelatih dilirik oleh club Rans Nusantara. Karena akademi yang diasuh saat itu berhasil meraih juara di salah satu kompetensi tingkat nasional.

“Awalnya itu saya diterima di salah satu academi sepak bola di Jakarta. Saya bekerja kurang lebih 2 bulan di akedemi tersebut mewakili Jakarta untuk bertanding di event nasional dan alhamdulillah saya bawa juara 1 sekaligus jadi pelatih terbaik di kejuaran nasional liga top skor yang pada saat itu ternyata dipantau oleh manajemen Rans Nusantara,” terang Andi Eko.

Putra Bulukumba ini berharap dapat memberi kontribusi untuk Rans Nusantara U-16. Pengalamannya selama melatih di kampung halaman hingga ke kancah nasional merupakan modal besar bagi Andi Eko untuk membawa Rans Nusantara memenangkan kejuaraan kelompok usia.

“Saya jauh-jauh dari Desa Bontomanai Kabupaten Bulukumba punya visi besar untuk memberi kontribusi kepada tim. Saya telah melatih beberapa tim sepak bola mulai dari kampung hingga ke tingkat nasional. Mudah-mudahan itu bisa menjadi bekal saya selama melatih di sini," harapnya.

Di Rans Nusantara, Andi Eko dikontrak selama satu musim. Ia ditargetkan untuk membawa Rans Nusantara dapat bertahan di Liga 1 hingga musim depan.

Tidak lupa daratan, Andi Eko punya cita-cita besar ingin memajukan persepakbolaan di Kabupaten Bulukumba, termasuk ia rencana membuka kesempatan untuk anak-anak Bulukumba untuk ikut seleksi di Rans Nusantara.

Selain itu ia juga telah mengajak salah satu temannya di Bulukumba bernama Attul untuk ikut bersamanya di Rans Nusantara. "Kalau Attul dia jadi tim medis karena basicnya memang adalah kesehatan," katanya.

Diketahui, Rans Nusantara juga kini sedang dalam proses penyelesaian markas di kawasan Pantai Indah Kapuk II Tangerang, mengusung konsep sportainment. Markas tersebut digadang-gadang akan menjadi pusat pembinaan bagi Rans Nusantara. (ewa)

  • Bagikan