Ira Kasuara Dilantik Jadi Ketua Iwapi Bulukumba

  • Bagikan
Ira Kasuara usai dikukuhkan oleh Sekda Bulukumba Ali Saleng sebagai Ketua Iwapi Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Bulukumba Periode 2022 - 2027 resmi dilantik di Aula Hotel Agri Bulukumba, Rabu, 10 Agustus 2022.

Ketua DPC IWAPI Bulukumba dijabat oleh H.j Ira Kasuara Hasyim, yang juga merupakan istri dari Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf.

Ira Kasuara Hasyim dilantik oleh Ketua DPD IWAPI Sulsel Hj. Ainun Jariah, kemudian dikukuhkan oleh Sekda Muh. Ali Saleng mewakili Bupati Bulukumba.

Adapun tema pelantikan yaitu "Konsistensi IWAPI dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dan UMKM di Era Digital".

Ketua panitia pelantikan, Hj. Nuraidah melaporkan bahwa undangan menghadiri pelantikan, disebar sebanyak 250, yang terdiri dari pelaku-pelaku UMKM dan lintas organisasi wanita di Bulukumba.

"Kegiatan dilaksanakan dengan meriah berkat konstribusi dari pengurus DPC IWAPI Bulukumba," katanya.

Usai dilantik, Ira Kasuara dalam sambutannya memproyeksikan bahwa IWAPI Bulukumba akan menjadi wadah penggerak bagi kemajuan ekonomi masyarakat khususnya untuk para wanita.

"Sosok wanita yang bisa didambakan sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Ini amanah untuk mendorong tumbuh berkembangnya kewirausahaan di Bulukumba, serta membantu Pemerintah Daerah," katanya.

Ia menjelaskan, IWAPI Bulukumba juga akan berfungsi sebagai wadah konsultasi hingga advokasi pengusaha-pengusaha wanita dengan pemerintah maupun pihak swasta, dalam mengembangkan potensi ekonomi.

"Saya yakin, sosok wanita di Bulukumba adalah wanita tangguh dan kreatif dalam berkarier" jelas Ira, yang juga Ketua TP-PKK Kabupaten Bulukumba.

Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi Sulsel, Ainun Jariah mengaku bangga dengan wanita-wanita pengusaha di Kabupaten Bulukumba yang telah dilantik.

Ia berharap agar Pengurus IWAPI Bulukumba dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Saya bangga wanita di sini bisa beraktifitas tanpa melupakan kewajiban sebagai Ibu Rumah Tangga. Intinya, kita bisa bermanfaat buat diri sendiri, keluarga dan masyarakat," katanya.

Ainun meyakini, Ketua IWAPI Bulukumba merupakan wanita hebat yang tangguh dan berjiwa sosial, serta bisa merangkul wanita-wanita pengusaha untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Jangan lupa Ibu, setiap mau berkegiatan harus seizin suami. Jangan sampai bapak-bapaknya komplain," jelasnya.

Sementara, Sekda Bulukumba Muh Ali Saleng mengaku salut dengan nuansa pelantikan tersebut. Wanita katanya, punya peran penting baik dalam kehidupan domestik di keluarga, maupun pada wilayah publik.

"Bagaimanapun jagonya laki-laki, kalau di depan istrinya akan mati kutu. Termasuk saya. Cobami buka hp-nya, pasti takut itu," ujarnya sedikit tertawa dengan nada bercanda.

Atas nama Pemkab Bulukumba, ia menyampaikan selamat dan sukses kepada pengurus yang baru dilantik, semoga momentum ini, eksistensi IWAPI Bulukumba akan semakin menunjukkan kiprahnya di masyarakat.

"IWAPI sebagai organisasi yang menghimpun para wanita pengusaha yang bergerak di berbagai sektor, diharapkan dapat tumbuh dan berkembang berdasarkan potensi ekonomi dan sumber daya daerah," jelasnya.

Ali Saleng menambahkan, pada prinsipnya Pemkab senantiasa mendukung setiap langkah yang akan dilakukan IWAPI Kabupaten Bulukumba dalam upaya menciptakan lapangan kerja dan pembangunan ekonomi di daerah.

"Saya berharap IWAPI Bulukumba betul-betul dapat menjadi wadah bagi para wanita pengusaha untuk terus berimprovisasi, berinovasi, berkolaborasi dan memiliki kreatifitas dalam menciptakan berbagai peluang usaha, mengingat masih besarnya potensi dan prospek ekonomi di Bulukumba," imbuhnya. (rls)

  • Bagikan