Herfida Attas Kunjungi Pengrajin di Bulukumba, Optimis Produk Lokal Bisa Go International

  • Bagikan
Istri Bupati Bulukumba Andi Herfida Attas (kedua dari kiri) melihat langsung proses menganyam daun lontar yang dilakukan para pengrajin.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Andi Herfida Attas, istri Bupati Bulukumba melakukan visit atau kunjungan ke sejumlah pengrajin yang ada di Kabupaten Bulukumba, baru-baru ini. Dua lokasi workshop atau rumah produksi yang sempat dikunjungi yakni pengrajin Sutra Bira di Desa Bira Kecamatan Bonto Bahari dan pengrajin kerajinan tangan (craft) Atap Konjo di Kecamatan Bonto Tiro.

Kunjungan ini bukan kali pertama bagi Herfida Attas yang juga Kadis Kebudayaan Kota Makassar. Hampir setiap kali berada di Bulukumba, Herfida senantiasa menyempatkan berkeliling ke pelosok dan desa-desa terpencil Bulukumba untuk melihat langsung proses produksi kerajinan khas Bulukumba.

"Saya melihat ada potensi besar yang dimiliki Bulukumba. Para pengrajin yang saya temui semuanya punya produk yang bernilai tinggi. Tinggal butuh sentuhan sedikit saja misal tentang model, motif dan seperti apa kebutuhan pasar. Kalau semua sudah terpenuhi saya optimis produk craft dari Bulukumba bisa go international," ujar Herfida, Rabu 24 Agustus 2022 saat berkunjung di rumah produksi Atap Konjo dan berbincang dengan para pengrajin di sana.

Herfida mencontohkan hasil anyaman daun lontar yang diproduksi Atap Konjo, kini sudah mulai dikenal di berbagai kota di Indonesia. Mulai dari tempat tisu, alas makan, sampai tas untuk pemakaian sehari-hari maupun tas untuk acara-acara resmi sudah diproduksi Atap Konjo dengan beragam model dan motif.

Yuyun, pemilik Atap Konjo mengaku sangat terbantu dengan hadirnya Ibu Bupati Bulukumba, Andi Herfida Attas. "Alhamdulillah Ibu Bupati banyak memberi saran dan masukan untuk kemajuan Atap Konjo. Ibu Bupati juga yang selalu merekomendasikan kami sampai bisa hadir di event-event regional bahkan nasional," kata Yuyun. (nad)

  • Bagikan