Bingkar Song 2022, Ajang Mencari Penyanyi Terbaik Pinrang

  • Bagikan
Pembukaan Bingkar Song ditandai dengan pemukulan gong.

PINRANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bingkar Song 2022 merupakan acara tahunan yang diadakan di salah satu lokus wisata kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, Pantai Salopi. Ajang perlombaan menyanyi daerah yang diinisiasi oleh Karang Taruna Desa Binanga Karaeng diikuti oleh 22 Kontestan. Hari Kedua, 8 September 2022 dimulai perlombaan oleh 11 kontestan dari daerah Polewali Mandar, Sidrap, Pare-Pare dan dari sekitar wilayah Kecamatan Lembang seperti Buttu Sappa, Rampusa, Kanipang, Buttu Angin, Salimbongan,  Pangaparang, Indoapping dan Salopi. Acara yang berlangsung selama empat hari mulai 7 sampai 10 September 2022, mengharapkan lahirnya bakat-bakat penyanyi-penyanyi dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Pinrang.

Tahun 2022 ini merupakan kali kedua Bingkar Song dilakukan. Ketua Karang Taruna, Muhammad Nur, menjelaskan tujuan acara ini adalah untuk melestarikan lagu-lagu daerah. Tahun 2022 penyelenggaraan Bingkar Song ini lebih istimewa dibanding tahun sebelumnya. "Karena banyak pihak yang tertarik berpartisipasi mendukung suskesnya peneyelenggaraan acara ini," jelas Muhammad Nur.

Salopi Beach atau Pantai Salopi yang memiliki banyak spot area dan aneka jenis kuliner daerah seperti lawak untuk dinikmati pengunjung, ternyata telah berhasil masuk dalam salah satu daerah wisata terbaik tahun 2021 dan layak menembus peringkat 300 sebagai penerima daerah wisata  se Indonesia Timur. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pinrang, Andi Suyuti pada malam pembukaan Bingkar Song, 8 September 2021 di Pantai Salopi dan juga membuka secara resmi Bingkar Song 2022 dengan pemukulan gong.

Geliat ekonomi terlihat dari beberapa kegiatan masyarakat seperti menjamurnya cafe yang menyediakan kebutuhan pengunjung mulai berbagai jenis makanan dan minuman. Kondisi ini terlihat jelas di Pantai Salopi tempat penyelenggaraan Bingkar Song 2022, yang dipenuhi ribuan penonton. Sepanjang Pantai Salopi terdapat spot area seperti SegiTeori, Caretta, Café Star, Café Idea, Alfabeta, dan lainnya dapat menjadi pilihan penonton sambil menikmati alunan suara konstestan Bingkar Song 2022.

Usaha ekonomi lainnya adalah penyewaan berbagai fasilitas khas wisata bahari seperti banana boot, sepeda air, motor pantai dan kemah. Tentunya dengan acara Bingkar Song semakin meningkatkan keteratarikan masyarakat umum untuk mencoba menikmati indahnya Pantai Salopi. Karena itu Ahmad sebagai Kepala Desa Binanga Karaeng  memberi apresiasi kepada pemuda Karang Taruna yang berani dan bertanggungjawab melaksanakan kegiatan ini, dan ucapan terima kasih untuk para pihak yang telah membantu serta bimbingan dari Camat Lembang dan Dinas Pariwisata. Ucapan terima kasih disampaikan pula oleh Ketua Panitia, Muhammad Yusuf, kepada para partisipan sponsor seperti Gudang Garam Surya, BRI, BNI, Sudut Lagi, Nadia Sel, Karang Taruna Desa Benteng Paremba dan Sanggar Seni S2L Lembang. Tak lupa pula sponsor memberikan hadiah kepada pengunjung yang dapat menjawab pertanyaan.

Kinerja pemerintah Kecamatan Lembang cukup sukses membantu usaha pengembangan daerah wisata Pantai Salopi, salah satunya pelaksanaan Bingkar Song 2022. Keberhasilan ini tidak lepas dari slogan khas Kecamatan Lembang “SURIA” yang artinya Sinergitas, Usaha, Ramah, Inovatif dan Amanah. Camat Lembang, Muh. Yusuf Nur, menjelaskan bagaimana slogan SURIA ini dapat menjaga kinerja jajaran pemerintah untuk selalu bersinergi, selalu mengusahakan yang terbaik bagi daerah, Ramah melayani, selalu berinovasi dan harus amanah dalam bekerja.

Pelopor usaha wisata Pantai Salopi, Sudarmono yang juga sebagai Kepala Dusun Salopi, menjelaskan kendala yang begitu banyak harus dilalui saat pertama kali merintis usahanya di Pantai Salopi Tahun 2019.  Namun dukungan keluarga dan terutama pihak pemerintah dapat melewati tantangan tersebut.  (nad)

  • Bagikan