Guna Penanggulangan HIV/AIDS Stakeholder Program HIV-AIDS Kabupaten Bulukumba Melaksanakan Meeting

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Yayasan Mitra Husada (YMH) makassar melaksanakan meeting dalam Upaya Penanggulangan dan Pencegahan HIV di tingkat kebupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Kamis, (15/9/2022).


Tujuan dari pada kegiatan ini adalah sebagai bentuk upaya memutuskan mata rantai penularan HIV di Sulawesi Selatan khususnya di Kab. Bulukumba, Perwakilan Yayasan Mitra Husada, Andi Ahdiar juga mengatakan, pertemuan ini guna meningkatkan koordinasi dalam penanggulangan dan pencegahan HIV dan AIDS.


Kegiatan Pertemuan Stakeholde Program HIV/AIDS di Kabupaten Bulukumba di laksanakan pada Kamis, 15 September 2022, bertempat di Hotel Arini 1 Jl. Dato' Tiro No.161, Kalumeme, Kec. Ujung Bulu. Adapun peserta terdiri dari pengelola program HIV Dinkes, KPAK Bulukumba, komunitas waria Kab Bulukumba Kota dan barat, Satpol PP, LSM lokal, media dan pengelola program HIV RSUD H.A. Sulthan Dg. Radja Kab. Bulukumba.


Data penemuan kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Bulukumba sejak lima tahun terakhir yaitu dari 2018 hingga 2022 mengalami peningkatan dan penurunan setiap tahunnya pada tahun 2022 (Januari -Agustus) dari 4469 testing ditemukan 39 kasus yang positif HIV di kabupaten Bulukumba.


Dalam program penanggulangan HIV/AIDS ini, Pemetaan populasi kunci merupakan cara untuk menggambarkan sebuah situasi sosial karakteristik dan situasi perilaku berisiko dari populasi kunci yang berada di suatu wilayah. Dalam program penanggulangan AIDS, populasi kunci didefinisikan sebagai orang-orang atau sekelompok orang yang disebabkan karena situasi sosial dimilikinya atau perilaku yang dilakukannya, mereka menjadi rentan atau berisiko terpapar atau memaparkan HIV kepada/dari orang-orang yang ada di kelompok atau luar kelompoknya.


"Kami disini tugasnya adalah menjadi mitra dinas kesehatan, mitra dari pemerintah untuk menjalankan program HIV, fokusnya kami itu kepada isu isu kesehatan. Kalau di Bulukumba ini konsennya kami di HIV dan Tuberkulosis (TBC). Tugasnya kami disini memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mau memeriksakan diri terkait dengan kesehatannya terutama TBC dan HIV" ujar Andi Ahdiat selaku koordinator YMH.


"Besar harapan pelaksanaan Kegiatan ini adalah semua pihak dapat bekerja sama dalam kegiatan pemetaan populasi kunci demi terkendalinya HIV/AIDS di Kabupaten Bulukumba, ungkapnya

Penulis: Mahasiswi Magang Universitas TadulakoEditor: Ryan Adiaksa
  • Bagikan

Exit mobile version