432 Atlet Siap Berlaga, Atletik Cabor Unggulan

  • Bagikan
Ketua KONI Bulukumba, Andi Makkasau

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bulukumba menyiapkan 432 atlet pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) XVII.

Ketua KONI Bulukumba, Andi Makkasau, menyatakan bahwa atlet Bulukumba siap mengharumkan nama Bulukumba di Porprov.

"Kita sebagai tuan rumah tentu harus tampil maksimal di hadapan publik sendiri," ujar Andi Makkasau, saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Rabu, 21 September 2022.

Andi Makkasau menargetkan tim Porprov Bulukumba masuk dalam jajaran lima besar pada ajang olahraga paling bergengsi di tingkat provinsi tersebut.

"Sudah sejak beberapa bulan lalu semua atlet di seluruh Cabor telah berlatih, soal berapa emas itu tergantung dari masing-masing Cabor. Intinya semua atlet siap memberikan yang terbaik," katanya.

Andi Makkasau memaparkan tim Porprov Bulukumba menurunkan atlet di 26 cabang olahraga (Cabor), dengan total atlet sebanyak 432, pelatih sebanyak 94, serta official sebanyak 108.

Salah satu Cabor yang diunggulkan KONI Bulukumba pada Porprov XVII yakni pada Cabor Atletik.

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bulukumba, Andi Muhammad Amri, mengungkapkan pihaknya menargetkan empat emas pada Cabor atletik.

Namun Andi Amri enggan membeberkan Cabor apa saja di PASI Bulukumba yang pihaknya targetkan untuk meraih medali emas.

"Kalau kita di PASI menarget empat emas, soal Cabor apa saja yang kami target itu belum bisa kami beberkan karena itu bagian dari strategi," ujar Amri.

Amri mengungkapkan, bahwa PASI sendiri mengikutkan 17 nomor di berbagai cabang olahraga atletik.

Saat ini para atlet dari Cabor atletik telah disiapkan. Termasuk biaya pembinaan atlet juga telah diterima.

"Alhamdulillah anggaran pembinaan sudah ada. Soal berapa nilainya kami tidak bisa berkomentar," kuncinya. (*)
------------------------
Venue Porprov XVII 95 Persen Rampung

KONI Bulukumba menyatakan bahwa seluruh venue Porprov XVII yang akan dipertandingkan di Kabupaten Bulukumba telah rampung.

Dari 34 Cabang Olahraga (Cabor) pada Porprov XVII, 13 Cabor di antaranya akan dipertandingkan di Kabupaten Bulukumba.

13 Cabor tersebut di antaranya, Voli Indoor, Voli Pasir, Bulutangkis, Tenis Meja, Kompo, Balap Sepeda, Panahan, Billiard, Tenis Lapangan, Pencat Silat, Taekwondo, menembak dan catur.

"Alhamdulillah semua Cabor di Bulukumba telah kita rampungkan. Terakhir itu lapangan Tenis dan Voli Indoor, tapi itu juga telah siap," kata Ketua KONI Bulukumba, Andi Makkasau.

KONI Bulukumba juga telah mempersiapkan 292 orang sebagai panitia lokal untuk menyukseskan pagelaran Porprov.

Selain itu, untuk penginapan atlet juga telah disiapkan. "Sekitar ratusan rumah di Kecamatan Ujung Bulu dan Kecamatan Gantarang telah kita siapkan untuk atlet dari kabupaten lain," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris KONI Sulsel, Mujiburrahman juga menyatakan bahwa Porprov XVII telah siap digelar. Menurutnya, persiapan berjalan sesuai dengan tahapan.

Pihak KONI Sulsel melalui tim technical delegate juga telah melakukan verifikasi venue Cabor di Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinjai sebagai tuan rumah.

Menurutnya, secara keseluruhan venue telah dinyatakan siap, jika dipersentasikan semua venue telah rampung 95 persen.

"Semua venue harus memenuhi standar nasional, baik itu lapangan maupun infrastruktur penunjangnya. Seperti toilet dan sebagainya," kata Mujiburrahman.

Selanjutnya pihaknya juga telah menyiapkan susunan acara. Menurutnya terdapat beberapa Cabor yang akan dipertandingkan sebelum Porprov XVII resmi dibuka.

"Seperti Cabor sepakbola, kan membutuhkan waktu lebih jadi kemungkinan akan lebih dulu dipertandingkan," katanya.

Selain susunan acara Porprov secara menyeluruh, panitia juga tengah mempersiapkan khusus susunan acara seremonial pembukaan dan penutupan.

"Sebentar kita akan rapat bersama tuan rumah, karena seremonial pembukaan dan penutupan itu merupakan salah satu gaungan dalam Porprov, dan juga menjadi salah satu ukuran keberhasilan Porprov," terangnya.

Untuk kesiapan atlet, Mujiburrahman mengungkapkan bahwa masing-masing kabupaten juga mulai mendaftarkan atletnya di masing-masing Cabor.

"Sekarang informasi terkait Porprov Sulsel termasuk data atlet bisa diakses oleh publik melalui website resmi Porprov Sulsel XVII," ungkapnya.

Sementara terkait penganggaran, Mujiburrahman mengakui bahwa adanya kekurangan anggaran dalam pelaksanaan Porprov kali ini.

"Penganggaran itu merupakan tanggungjawab KONI Sulsel dan Pemprov. Namun memang ada keterbatasan anggaran baru sebagian yang telah dicairkan, olehnya kita melakukan efisiensi anggaran," terangnya.

Mujiburrahman berharap Porprov Sulsel XVII, bisa berjalan sesuai dengan rencana dan dapat melahirkan atlet potensial yang dapat membawa nama Sulsel di kancah nasional hingga internasional. (ewa/has/B)

  • Bagikan