PeZan Darma dan Lumbung Pangan Berbasis Masjid

  • Bagikan
Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf dan reformer Darmawati saat launching PeZan Darma.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Zakat dalam segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.

Zakat dari segi bahasa berarti bersih, suci subur, berkat dan berkembang. Menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam.

Pertanian adalah bagian penting dalam meningkatkan zakat pertanian bagi kesejahteraan masyarakat karena maju atau mundurnya sektor pertanian akan berpengaruh pada pencapaian pengeluaran zakat hasil pertanian.

Program Zakat Pertanian Dengan Rangkulan Agama (PeZan Darma) sebagai bukti nyata kehadiran pemerintah untuk mengintegrasikan zakat dalam kebijakan negara.

Program PeZan Darma mengingatkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat melaksanakan perintah atau kewajiban dalam pemerintah untuk mengeluarkan zakatnya terutama zakat pertanian.

Program ini mulai digencarkan di Kabupaten Bulukumba salah satunya di Desa Dampang, Kecamatan Gantarang, yang launchingnya digelar paga Selasa, 4 Oktober 2022.

Hj. Darmawati selaku reformer PeZan Darma berharap programa ini akan berkelanjutan dan dapat dilaksanakan di semua wilayah yang ada di Kabulaten Bulukumba.

Darmawati juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif pada tim efektif PeZan Darma.

Termasuk Baznas Bulukumba atas dukungan sarana dan prasarana, begitu juga dengan Pemkab Bulukumba, Camat Gantarang, Kepala Desa Dampang, Kepala Desa Padang, dan Lurah Jalanjang, serta masyarakat sebagai lokus pelaksanaan PeZan Darma.

"Peran negara yang semakin besar dan posisi Baznas yang semakin kuat harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Launching PeZan Darma ditandai dengan penyerahan hasil pertanian kepada petani yang mewakili Desa Dampang dan Desa Padang.

Kemudian dilanjut penyerahan surat keputusan Lumbung Pangan kepada Ketua UPZ Desa Dampang, Desa Padang dan Kelurahan Jalanjang oleh Bupati Bulukumba yang di wakili oleh Bapak Kementrian Agama, Ibu Ahli dan Ketua Baznas Kabulaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, dalam sambutannya mengapresiasi program PeZan Darma.

Menurut Bupati, program tersebut memang pas untuk Bulukumba. Karena menurutnya Butta Panrita Lopi ini adalah daerah yang sangat subur, meski masih harus terus dimaksimalkan lahannya yang belum diolah.

"Pemerintah akan terus mendorong agar lahannya menghasilkan bibit unggul," ujarnya.

"Kami berharap PeZan Darma juga memberikan cara pengolahan atau pemanfaatan zakat pertanian melalui kegiatan yang jadi kebutuhan real masyarakat baik sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor lainnya di Bulukumba," tukasnya. (ewa)

  • Bagikan