Andi Muhammad Danial; Beli Rumah dan Biaya Kuliah dari Jualan Wallpaper

  • Bagikan
Andi Muhammad Danial, Owner Aemdeshop Wallpaper Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Jangan pernah meremehkan usaha sekecil apapun. Bisnis yang dimulai dari modal nol rupiah, siapa sangka bisa berkembang dan menjadi pintu rezeki bagi banyak orang.

Ini dibuktikan oleh Andi Muhammad Danial. Pemuda dengan gangguan penglihatan atau low vision ini tidak pernah menyangka bisnis kecil-kecilan yang dimulainya beberapa tahun lalu, bisa berkembang dan menghidupi beberapa karyawannya.

Danial mulai mendirikan Aemdeshop saat melihat peluang usaha jasa pemasangan wallpaper belum banyak di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Karena tak memiliki modal, awalnya ia hanya menerima pemesanan dengan sistem PO atau pre order. Kini, Danial sudah memiliki pelanggan loyal dan sukses membuka outlet Aemdeshop untuk mengakomodir para pelanggan yang ingin memilih langsung beragam jenis wallpaper yang dijualnya.

Nama Aemdeshop sendiri bagi Sebagian masyarakat di Kabupaten Bulukumba sudah tak asing. Tidak hanya melayani penjualan dan pemasangan wallpaper, Danial juga membuka  jasa interior rumah lainnya seperti pemasangan lantai dll.

Bagi Danial, untuk sampai di titik seperti sekarang ini, bukan hal mudah. Ia berjuang keras  dengan segala  keterbatasan.

Danial bahkan ingin membuktikan kepada masyarakat bahwa orang yang memiliki keterbatasan pun bisa sukses jika ia bersungguh-sungguh.

"Saya ingin menjadi motivator kepada anak-anak muda khususnya penyandang disabilitas bahwa jangan pernah merasa malu atau minder dengan keterbatasan yang kita miliki. Jadikan kekurangan kita sebagai kelebihan," katanya.

Danial juga mengungkapkan,  Aemdeshop didirikan sejak tahun 2019. “Saat itu modal saya benar-benar  nol rupiah. Saat itu saya memanfaatkan belanja dengan sistem PO (Purchase Order) dan COD,” katanya. 

Seiring berjalannya waktu, semakin tinggi permintaan masyarakat akhirnya Danial mulai melakukan stok barang. “Saya mulai mereadykan barang, itupun dananya dari hasil penjualan wallpaper dari sistem PO yang saya kumpulkan sedikit demi sedikit," tuturnya.

Owner Aemdeshoop ini juga bercerita, sudah banyak pencapaian yang diperoleh dari bisnisnya.

"Alhamdulillah saya sudah bisa beli rumah, kendaraan bahkan kuliah dengan biaya sendiri. Ini semua dari hasil berjualan wallpaper," tuturnya.

Danial juga mengaku tidak pernah memasang harga yang mahal. Baginya, untung sedikit tapi lancar jauh lebih berkah.

"Kami juga tidak pasang harga yang tinggi. Bisa  dibilang terjangkau. Wallpaper yang kami tawarkan dari harga Rp 15 ribu hingga Rp 250.000 ribu," tambahnya.

Sekadar informasi Danial memang suka bisnis sedari kecil. Bahkan bukan hanya  bisnis wallpaper, ia juga berjualan baju dan bisnis handphone. Menjadi entrepreneur  baginya adalah sebuah jalan sutra menuju kesuksesan. (Fitriani Salwar)

Data Owner:

Nama : Andi Muh. Danial

TTL:  Bulukumba 12 Juli 1996

Alamat Toko: Jalan Andi Mappijalang Bulukumba, Sulsel.

iG: Aemdeshop.id

FB: Aemdeshop Bulukumba

  • Bagikan