Bupati Bulukumba Ingin Petani Kaya Seperti Petani Thailand dan Vietnam

  • Bagikan
Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf saat menyerahkan bantuan bibit unggul.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Petani di Desa Dampang dan Desa Benteng Gantarang, mendapatkan bantuan bibit unggul dari Pemkab Bulukumba. Penyerahan bantuan bibit secara simbolis itu diserahkan langsung Bupati Bulukumba, Selasa 15 November 2022.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyampaikan kalau penyaluran bibit itu, merupakan program Ketahanan Pangan Dana Desa Tahun 2022, mengingat Bulukumba memiliki wilayah potensial dengan tanahnya yang subur.

"Program ini, inovasi saya. Bahkan sejak sosialisasi di Pilkada kemarin, saya sudah sampaikan jika diamanahkan oleh rakyat akan memperhatikan kesejahteraan petani. Kenapa?, karena lahan kita luas, tapi nilai jual rendah. Di luar negeri seperti Thailand dan Vietnam, petaninya kaya. Mengapa kita tidak? Petani Bulukumba juga harus kaya," ujarnya.

Dengan demikian, Andi Utta menyebut pentingnya reformasi pertanian. Apalagi, masyarakat Bulukumba yang mayoritas petani, sehingga sektor inilah yang harus dipacu.

"Nilai jual yang rendah karena kualitas tanaman. Kalau mangganya kecut, harganya juga tetap kecut. Ini yang diubah. Makanya perlu reformasi pertanian demi meningkatkan produktifitas dan kualitas tanaman kita," jelasnya.

Bupati berlatar pengusaha ini, benar-benar menginginkan kesejahteraan petani di Bulukumba. Dengan ekonomi yang baik, katanya, akan berdampak ke semua sektor kehidupan. Termasuk keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Saudaraku semua, jangan diam. Jangan pasrah. Kita diberikan kekuatan untuk berusaha. Maka kita harus berusaha secara maksimal," kata Andi Utta.

Menurutnya dengan harga bibit unggul yang tergolong mahal, akan sulit dijangkau oleh petani. Sehingga, dibutuhkan kehadiran pemerintah untuk memberikan bantuan bibit unggul gratis.

"Petani kita sangat sulit untuk beli bibit unggul. Di sinilah peran pemerintah harus hadir. Jangan jadi penonton. Dengan bibit unggul, kita harap ke depan, Bulukumba jadi sentra buah. Jadi, tolong kita jaga dan rawat baik-baik bibitnya," jelasnya. (Fajar) 

  • Bagikan