Samsu, Warga Na’na yang Merintis Jalan dengan Melinggis Tebing Akhirnya Berangkat Umrah

  • Bagikan
Samsu bersama Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf dan pimpinan Baznas Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Masih ingat Pak Samsu, pria paruh baya yang mendedikasikan diri merintis jalan di Kecamatan Kindang? Selama sepuluh tahun terakhir ia membuka jalan di Na'na Kelurahan Borong Rappoa sebagai jalan pintas yang dilalui masyarakat, khususnya anak-anak sekolah dengan cara melinggis tebing.

Atas dedikasinya ini, Samsu terpilih bersama 99 orang lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia mendapat hadiah umrah atau uang tunai dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Bank Syariah Indonesia (BSI). Saat itu, tahun 2020 Samsu pelinggis tebing tersebut memilih hadiah umrah di tanah suci Mekkah pada 10 Maret 2022.

Namun karena tiba-tiba ada wabah pandemi Covid-19 sehingga rencana pemberangkatan umrah tersebut ditunda dalam waktu yang tidak ditentukan.

Tapi kini kabar pemberangkatan umrah Bapak Samsu sudah ada. Pihak Baznas Bulukumba sebagai pendamping menginformasikan bahwa Pak Samsu akan diberangkatkan melalui travel Armina Reka pada 1 Desember 2022 mendatang.

“Besok (Selasa 29 November), kami dari pihak Baznas akan mengantar (Samsu) ke Makassar,” kata Ketua Baznas Bulukumba Kamaruddin Hambali saat audiens dengan Bupati Bulukumba bersama Bapak Samsu di Kantor Bupati Bulukumba, Senin 28 November 2022.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan selamat kepada Bapak Samsu atas hadiah umrah yang diterima. Bisa jadi pak Samsu kata Bupati selama ini bekerja tanpa pamrih, tidak mengharap apa selain membantu orang lain. Namun lanjut Andi Utta sapaannya, orang-orang seperti Pak Samsu harus diberikan apresiasi dan penghargaan.

“Ini menginspirasi, semoga bermunculan Samsu-Samsu lain yang bekerja tanpa pamrih membantu masyarakat,” pinta Andi Utta.

Terkait perintisan jalan yang dilakukan oleh Samsu di kampungnya, Andi Utta menawarkan bantuan peralatan seperti eskavator jika ada medan yang cukup berat. Baznas Bulukumba kata Andi Utta bisa berkolaborasi dalam operasionalnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas HM Yusuf Shandy mengemukakan bahwa selama ini Samsu tanpa pamrih merintis jalan dan sehari-hari bekerja sebagi buruh tani.

Samsu adalah satu diantara 100 orang yang dipilih oleh LAZ BSI Umat untuk menunaikan umrah, atas jasa, dedikasi dan perjuangannya, di bidang kemanusiaan.(faj)

  • Bagikan