Kampung Tangguh Bersih Narkoba Dideklarasikan di Desa Bira

  • Bagikan
Dir Resnarkoba Polda Sulsel Kombes Pol. Dodi Rahmawan saat melaunching Desa Bira sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Polres Bulukumba bekerjasama dengan Ditresnarkoba Polda Sulsel dan BNNP Sulsel mendeklarasikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Senin 28 November 2022.
Deklarasi Kampung Tangguh Bersinar dirangkaikan dengan FGD penanganan pecandu atau penyalahgunaan narkoba dengan mengangkat tema keberadaan Restorative Justice dalam upaya perubahan perilaku masyarakat dalam meningkatkan kesadaran hukum dengan prinsip kearifan lokal.

Kapolres Bulukumba dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa upaya dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bulukumba.

Upaya yang dimaksud di antaranya, bekerja sama menggandeng stakeholder membentuk kampung tangguh, serta aktif melakukan penyuluhan dan penerangan tentang bahaya penggunaan narkoba. Baik itu  di sekolah-sekolah, forum kepemudaan dan komunitas-komunitas.

"Semoga dengan kegiatan ini, akan lebih meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat bahwa ancaman Narkoba sangat luar biasa bagi generasi muda," harap Kapolres.

Dalam kegiatan itu juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf. Dia mengapresiasi kegiatan tersebut, karena menurutnya akan memberikan nilai positif dalam rangka upaya kita bersama menanggulangi dan mengatasi persolan narkoba.

Deklarasi Bulukumba Tangguh Bersinar ditandai dengan dibacakannya deklarasi oleh perwakilan Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Kabupaten Bulukumba.

Selanjutnya pemaparan materi oleh Dir Resnarkoba Polda Sulsel, KBP Dodi Rahmawan dan  Kabid Brantas BNNP Sulsel dr. Agustinus Sollu yang menjelaskan seputar bahaya narkoba dan penanganan pecandu atau korban narkotika.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Desa Bira tersebut diikuti oleh ratusan peserta.

Turut hadir Kalapas Bulukumba Mut Zaini, Forkompinda, serta para pimpinan OPD Bulukumba dan Kepala Desa Bira yang menjadi tuan rumah, . (ewa)



  • Bagikan