Hujan Sedang Hingga Lebat akan Melanda Bulukumba, Akrim: Jangan Buang Sampah di Saluran Air

  • Bagikan
Akrim Amir

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan termasuk Kabupaten Bulukumba diprediksi mulai 29 November hingga 1 Desember 2022.

Berdasarkan rilis BMKG, kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) termasuk Kabupaten Bulukumba.

Di mana, diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mulai 29 November sampai dengan 1 Desember 2022.

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulsel.

Gelombang dengan ketinggian moderate sea (Gel. 1.25 - 2.5 m) terjadi di Perairan Sabalana, Perairan Kepulauan Selayar, Teluk Bone (bagian selatan), Perairan Pulau Bonerate - Kalaotoa, dan Laut Flores.

Atas peringatan dini itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulukumba telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi.

Kepala BPBD Kabupaten Bulukumba, Akrim Amir, mengungkapkan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan personel, peralatan, serta sandang dan pangan dalam mengantisipasi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Selain itu, pihak BPBD juga senantiasa melakukan koordinasi lintas sektor, karena menurut Akrim persoalan antisipasi bencana merupakan tanggungjawab semua pihak.

Akrim juga mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Bulukumba untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat apalagi di saluran air.

"Membuang sampah di tempat saluran air karena ini sangat berpengaruh bila turun hujan dengan intensitas sedang karena akan menghambat aliran air," kata Akrim.

"Kami imbau kepada kita semua untuk senantiasa membersihkan lingkungan di sekitar tempat tinggal kita utamanya saluran-saluran air untuk senantiasa bersih dari sedimen," imbaunya.


=====

  • Bagikan

Exit mobile version