Masuk Proyek Usulan Gubernur, Persiapan Pembangunan Bandara Wisata Bira Sisa Menanti kelaikan Lokasi

  • Bagikan
Kepala Bidang Lalulintas dinas perhubungan Sulsel  H. Aruddini

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Proyek pembangunan bandara di bulukumba diprediksi bakal terealisasi diawal tahun 2023. Seperti diketahui sebelumnya sejak 2014 lalu agenda pembangunan bandara wisata Bira di Bulukumba  sudah menjadi agenda pembangunan di wilayah otoritas Zainuddin Hasan saat menjabat bupati, Tahun 2023 ini Bulukumba menargetkan pembangunan bandar udara (Bandara) untuk mempermudah akses di wilayah Selatan Sulawesi selatan , kini pemerintah Daerah tinggal menunggu Kelaikan lokasi saja, " Ucap H. Aruddini Kabid Lalulintas dinas Perhubungan Sulsel.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel melalui Kepala Bidang Lalulintas dinas perhubungan Sulsel  H. Aruddini saat ditemui disela kunjungannya usai meninjau lokasi di Bira menyatakan, bahwa saat ini pihak Pemda masih menunggu kelaikan lokasi pembangunan Bandara,” InshaAllah awal tahun 2023 ini sudah ada wilayah yang akan menjadi tempat pembangunan bandara, mudah-mudahan bisa,” Terangnya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa saat ini wilayah Bulukumba yang menjadi target pembangunan bandara. direncanakan pembangunan bandara tersebut sudah 90 persen target pembangunannya,”ujarnya.

Saat ini Dinas perhubungan telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp.35 Miliar untuk anggaran pembebasan lahan bandara namun saat ini amdal belum bisa di lelang karena klasifikasi Lokasi belum di tetapkan, sementara pembebasan lokasi juga belum dilakukan,” Kami sudah anggarkan untuk Amdal namun belum dilakukan lelang karena lokasi belum fix,” Katanya.

Saat ini kata H. Aruddini meski belum ada Lokasi yang secara resmi ditentukan namun pihak konsultan sudah menentukan satu titik wilayah dan saat ini wilayah tersebut rencana dalam proses lobi untuk pembebasan lahannya, pasalnya 90 persen masyarakat telah setuju pembangunan bandara,”kalau saat ini masyarakat sudah setuju hanya satu dua orang saja belum setuju dan kita harapkan pembangunan bandara prosesnya bisa lancar,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan