Pemkab Bulukumba Tepati Janji, Anggaran 500 Juta untuk Atlet Porprov Siap Dibagikan

  • Bagikan
Atlet Tenis Putri Bulukumba meraih medali perak pada Porprov XVII 2022

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba menepati janjinya terkait bonus untuk atlet Bulukumba yang berprestasi pada Porprov Sulsel XVII.

Kabar gembira bagi para atlet Bulukumba khususnya bagi peraih medali Porprov, pasarnya Pemkab telah mengalokasikan anggaran Rp. 500 untuk bonus atlet peraih medali.

Seperti diketahui, kontingen Kabupaten Bulukumba berhasil meraih target dengan finis di posisi lima besar Poprpov Sulsel XVII/2022 dengan perolehan 82 medali, di antaranya 19 medali emas, 28 perak, dan 36 perunggu.

Posisi lima besar merupakan prestasi terbaik yang diraih oleh Kontingen Kabupaten Bulukumba dalam sejarah Porprov.

Jika dibandingkan dengan Porprov sebelumnya di Kabupaten Pinrang, kontingen Bulukumba hanya berada posisi 16 perolehan medali.

Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba, HM Daud Kahal, yang dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 500 juta untuk bonus atlet.

"Iya ada 500 juta melalui hibah ke KONI (Bulukumba, red)," kata Daud Kahal saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Rabu, 4 Januari 2023.

Menurut Daud, anggaran hibah tersebut diperuntukkan bagi atlet peraih medali emas, perak dan perunggu, serta para pelatihnya.

Meski alokasi anggaran yang disepakati lebih sedikit dari yang diusulkan, tapi baginya itu mesti disyukuri karena anggaran bonus bisa terakomodir.

"Kami mengusul 773 juta, tapi kami bersyukur bisa terakomodir dan itu adalah hasil kesepakatan dalam pembahasan di DPRD, tentu ini berdasarkan kemampuan anggaran yang bisa dialokasikan," ujarnya.

Rencananya, bonus akan diselenggarakan kepada atlet pada momentum Hari Jadi Bulukumba, yakni pada 4 Februari 2023.

"Besaran dana itu tentu kami akan serahkan ke KONI untuk mengatur, rencananya KONI akan serahkan saat Hari Jadi Bulukumba," tukas Daud.

Sementara itu, pihak KONI Bulukumba yang coba dikonfirmasi belum memberikan jawaban terkait rincian bonus untuk para atlet.

Namun, Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bulukumba, Andi Muhammad Amri, membenarkan bahwa pihaknya bersama KONI serta Disparpora telah berkoordinasi terkait bonus atlet.

"Iya, itu memang sudah dirapatkan bersama dan sementara dikoordinasikan terkait berapa besaran untuk masing-masing atlet," kata Andi Amri.

Andi Amri membeberkan, bahwa untuk rencana awal atlet akan diberikan bonus dengan rincian peraih medali emas Rp. 6 juta, perak Rp. 5 juta, dan perunggu Rp. 4 juta.

"Tapi itu baru rancangan, dalam artian masih belum pasti," imbuhnya.

  • Bagikan