Bersahabat Sejak Remaja, Begini Sosok Andi Utta di Mata IAS

  • Bagikan
Ilham Arief Sirajuddin saat bertemu Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf di Rumah Jabatan Bupati, Jumat malam 13 Januari 2023.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Wali Kota Makassar 2004-2014, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) menyambangi sahabatnya, Andi Muchtar Ali Yusuf yang akrab disapa Andi Utta, Jumat malam, 13 Januari 2023.

IAS diterima Bupati Bulukumba pengganti Andi Sukri Sappewali itu di rumah jabatan bupati, Kota Bulukumba. Pertemuan berlangsung hangat dalam suasana yang santai. IAS mengaku setelah 20 tahun ia baru menginjakkan kaki lagi di rumah jabatan bupati. "Terakhir saya ke Rujab Bupati Bulukumba itu saat Pak Patabai menjabat," ungkapnya kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

IAS yang juga anak mantan Bupati Gowa itu datang mengenakan baju kaos oblong hitam. Ia dijamu kopi hitam, martabak dan terang bulan. Andi Utta tampil lebih santai dengan kaos oblong putih. Keduanya lalu terlibat perbincangan ringan.

Sesekali, Andi Utta bercerita tentang apa saja yang sudah dia persembahkan untuk daerah kelahirannya itu. Mulai dari membagi puluhan ribu bibit buah-buahan untuk warga, baik itu durian Musangking maupung nangka madu, juga pembangunan gedung satu atap layanan publik, pembenahan pantai Merpati, hingga rencana mengembangkan kawasan wisata Lemo-lemo.

Tapi, obrolan Andi Utta-IAS lebih banyak mengalir ke masa lalu. Mengenang perjalanan dan persahabatan mereka sejak sama-sama mulai beranjak dewasa. Dimulai saat Andi Utta mulai merintis karier sebagai pengusaha dengan mendirikan bengkel di Makassar, dan IAS saat itu adalah politisi pemula di Partai Golkar. Titik kumpul gaul mereka ketika adalah kediaman IAS di Jalan Maipa, Makassar.

Hingga akhirnya keduanya sukses menapak pilihan hidup masing-masing. IAS di dunia politik sukses jadi anggota DPRD Sulsel (1999) dan menjadi wali kota Makassar. Sementara Andi Utta sukses menjadi pengusaha nasional lewat Ekspedisi Amaly miliknya. Andi Utta terus melejit hingga memutuskan pulang membangun kampung sebagai bupati.

Persahabatan keduanya juga tergambar saat IAS di pengujung Juli 2022 lalu, membesuk orang tua Andi Utta di Tanete. Saat itu, Andi Utta sedang dinas luar kota.

"Kalau cari orang yang memiliki etos kerja tinggi sekaligus visi bisnis yang tajam, Andi Utta sepertinya tidak ada duanya. Dengan dua bekal karakter ini, saya tidak heran jika Andi Utta bisa mempersembahkan banyak hal manis untuk Bulukumba," ujar IAS, lalu meninggalkan rujab tepat ukul 22.30 Wita.

IAS singgah menyambangi Andi Utta dalam rangkaian roadshow selaku kandidat bakal calon gubernur Sulsel 2024.

Dimulai Jumat, 13 Desember hingga Ahad 15 Desember, IAS kembali menggarap lima kabupaten. Yakni Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai serta Bone. (rs)

  • Bagikan