Spot Sunrise yang Tengah Hits Ada di di Pantai Merpati Bulukumba

  • Bagikan
Matahari terbit atau sunrise dilihat dari Pantai Merpati Bulukumba, Minggu 14 Januari 2023.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kabupaten Bulukumba tidak pernah kehilangan pesonanya. Sejak kawasan Pantai Merpati yang terletak di Kecamatan Ujung Bulu ditata oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba, area ini menjadi hits dan dijadikan kawula muda sebagai spot foto di pagi dan sore hari. Bagi pemburu sunrise (matahari terbit), spot sunrise terbaik ada di sini.

Pengembangan kawasan Pantai Merpati tidak menghilangkan pasir pantai yang tetap bisa dinikmati masyarakat. Bahkan salah satu lokasi yang diburu untuk mendapatkan foto sunrise adalah di roof top kontainer kuliner yang ada di kawasan ini.

Meski belum diresmikan, kawasan ini sudah ramai dikunjungi warga terutama di pagi hari dan sore hari. "Sekarang saya memilih jogging di sini. Kalau dulu di Lapda, sejak kawasan ini ditata, jogging di Pantai Merpati jauh lebih menyenangkan. Bonusnya bisa menikmati sunrise yang indah," kata Janna, karyawan swasta di Bulukumba.

Rani, salah satu ASN di Kabupaten Bulukumba juga mengaku hampir setiap hari berolahraga di Pantai Merpati. "Sekarang sudah ramai sekali warga olah raga. Saya memang paling senang olahraga di sini sambil menunggu matahari terbit," katanya.

Untuk mendapatkan sunrise dengan langit berwarna jingga menawan, Rani rela datang sebelum pukul 06.00 pagi. "Pokoknya setelah salat Subuh, dari rumah langsung jalan kaki ke Pantai Merpati. Masih sempat jogging dulu lalu duduk menikmati sunrise sambil foto-foto," katanya.

Pantai Merpati memang berada di kota Bulukumba. Bersebelahan dengan Pasar Cekkeng Bulukumba. Jadi tidak butuh waktu lama untuk bisa menjangkau kawasan ini.

Minggu 15 Januari 2023 kawasan Pantai Merpati lebih ramai dari biasanya. Tampak anak-anak bermain di lapangan voli pantai. Sebagian ada yang gowes dan jogging. Ke depan jika kawasan ini telah dibuka, bakal menjadi pusat aktivitas warga yang ingin berolahraga dan bersantai bersama keluarga.

Terdapat 10 kontainer besar yang sudah ditata untuk pusat kuliner yang menghadap langsung ke laut. Di seberang kawasan Pantai Merpati ada lapangan sepakbola yang sudah dimanfaatkan warga untuk berlatih bermain bola dan senam.

"Karena kawasan ini sudah mulai ramai, sebaiknya pemerintah mulai menata parkiran kendaraan baik motor dan mobil. Kalau parkirannya sudah bagus, warga yang jogging dan gowes pun akan semakin nyaman dan leluasa," tambah Rifa, salah seorang pengunjung yang datang ke Pantai Merpati untuk menikmati sunrise bersama rekannya.

Sekretaris Daerah Pemkab Bulukumba, Ali Saleng mengatakan, situasi kawasan Pantai Merpati yang sudah ramai dikunjungi warga menjadi perhatiannya. "Iya saya lihat banyak sekali warga yang datang menikmati kawasan Pantai Merpati. Kami akan segera menempatkan petugas Satpol PP untuk mengatur parkiran dan petugas kebersihan. Kami juga meminta warga tetap menjaga kebersihan kawasan ini agar bisa kita nikmati bersama-sama," ujarnya. (rs)

  • Bagikan