Ini Dia Inovasi Mahasiswa KKN UMB Bersama Warga Bukit Harapan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sejumlah masyarakat Dusun Bontonyeleng, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba berinovasi membuat inovasi arang briket dan mineral blok, Sabtu, 29 Januari 2023. Di bawah bimbingan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKNT) Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) mereka menyulap komoditas bernilai ekonomi tinggi. 

Melimpahnya tempurung kelapa dan dedak di Desa Bukit Harapan dilihat sebagai potensi ekonomi oleh mahasiswa. Peluang dimanfaatkan untuk kebutuhan domestik dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Tempurung kelapa bisa dijadikan sebagai arang briket, sementara dedak dapat disulap menjadi mineral blok yang dapat bermanfaat secara ekonomis bagi masyarakat.

Tujuh mahasiswa program studi Kimia, Aktuaria dan Peternakan, yang sedang melaksanakan KKN Tematik Fakultas Sains UMB memberikan pelatihan pembuatan arang briket dan mineral blok kepada masyarakat Desa Bukit Harapan. 

Koordinator Desa, Sarman, melihat sumber daya melimpah pada saat survey di desa Bukit Harapan.

"Pada saat survey, saya melihat banyak sekali warga yang punya usaha jual beli kelapa, dan tempurung kelapa hanya dijadikan limbah begitu pun dengan dedak," ungkap mahasiswa Prodi Peternakan.

Inilah yang menginspirasi Sarman dan kawan-kawannya untuk melakukan inovasi. Warga desa diajarkan mengolah tempurung kelapa menjadi arang briket, dan mengolah dedak menjadi mineral blok.

Selain itu masyarakat juga diajarkan cara pengemasan dan pelabelan produk. Ini dianggap sangat penting untuk memenuhi standar pasar. Pelatihan pembuatan briket arang dan mineral blok ini mendapat apresiasi dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Sulma.

"Pembuatan briket arang dan pakan ternak adalah bagian dari proker KKN Mahasiswa kami di Desa Bukit Harapan. Briket arang yang merupakan bahan bakar alternatif mempunyai potensi bisnis yang menjanjikan, begitupun dengan pengolahan pakan ternak," kata Alumni Universitas Hasanuddin tersebut.

Sementara Kepala Desa Bukit Harapan, Asbar mengatakan terus mendukung dengan adanya program kerja Mahasiswa KKNT UMB di desa Bukit Harapan.

"Kami terus mendukung apa yang menjadi proker mahasiswa KKN, apalagi berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya alam yang bermanfaat untuk masyarakat," ungkap Asbar.

Diketahui, Briket Arang merupakan bahan bakar yang kini mendapatkan perhatian pasar internasional, dengan manfaatnya yang beragam mampu mendapat nilai ekonomis tersendiri.

Sedangkan untuk mineral blok adalah suatu pakan dengan bentuk unik menyerupai tablet berukuran besar bermanfaat sebagai suplemen bagi ternak sapi, dan juga memiliki nilai ekonomis. (baso marewa)

  • Bagikan