Pemkab-Kemenag gelar Lomba Tadarus Al-Quran, Wujudkan Takalar Mengaji

  • Bagikan

TAKALAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Hari Jadi Kabupaten Takalar tak lama lagi digelar. Sebagai rangkaian  kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Takalar ke-63 Tahun 2023, Pemkab Takalar dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar bekerjasama dengan Kemenag Kabupaten Takalar menggelar lomba Tadarus Al Quran di Masjid Agung Takalar, Senin 30 Januari 2023. 

Penjabat Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad dalam sambutannya mengatakan bahwa Al-Qur'an adalah sumber kemuliaan. Orang yang istiqomah akan memperoleh kemuliaan dan ketenangan. 

"Anak-anak kita adalah generasi bangsa yang diharapkan mampu melestarikan kearifan lokal. Ananda kita juga merupakan bagian dari kesatuan Republik Indonesia dan harus mampu menjaga identitas nasionalnya," pungkasnya. 

Pj. Bupati Takalar juga mengingatkan agar menanamkan kepada anak-anak untuk tidak melupakan bahasa daerahnya, dan harus memiliki kualitas internasional agar mampu bersaing di kancah internasional. Untuk mencapai itu, mereka harus paham terhadap agama sendiri dan dibekali dengan nilai-nilai ajaran islam. 

"Ke depan kurikulum literasi Al-Quran akan diterapkan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak kita sejak dini dan untuk mewujudkan Takalar Mengaji. Literasi Al-Qur'an harus dihidupkan di diri ananda semua agar apapun yang dikerjakan selalu didasari dengan agama," tutupnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa sebanyak 184 peserta tingkat SD, SMP, SMA /SMK dan Guru Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum Kabupaten Takalar mengikuti lomba tadarus ini. Dengan tema "Mewujudkan Takalar Mengaji, Berprestasi dan Berakhlak Mulia dalam Bingkai Moderasi Beragam". 

Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan mutu pendidikan agama islam dan memberikan pemahaman kepada anak didik kita tentang ajaran Al-Quran. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kementerian Agama Kabupaten Takalar, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar, Kepala Bagian Protokol & Komunikasi Pimpinan,  para guru dan pengawas pendidikan tingkat SD, SMP, SMA/SMK. (gus)

  • Bagikan