PKK Kerja Sama Dinas Pertanian Sosialisasi Kembalikan Jeruk Asli Selayar

  • Bagikan

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Kembalikan kejayaan Jeruk Keprok Selayar, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Pokja IV  menggelar Sosialisasi pelestarian dan penanaman Jeruk Keprok Selayar, di Kelurahan Benteng Selatan, Sabtu (28/1)

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja TP. PKK Kabupaten melalui Pokja IV bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Andi Dwiyanti Musrifah Basli selaku Ketua TP. PKK mengatakan, kegiatan sosialisasi ini adalah wujud kepedulian PKK dalam upaya melestarikan lingkungan hidup dengan menanam tanaman yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, Jeruk keprok merupakan tanaman yang menjadi ciri khas tersendiri bagi Kabupaten Kepulauan Selayar, dan sudah mulai berkurang sehingga perlu dibudidayakan kembali.

"Membudidayakan jeruk keprok selayar maka kita juga sudah menjaga nama Kabupaten Kepulauan Selayar." cetusnya

Musrifah menyebut, pemerintah daerah melalui dinas terkait telah melakukan pembibitan sebagai upaya melestarikan keberadaan jeruk keprok atau jeruk manis  khas selayar.

Namun usaha pembibitan tersebut harus didukung dengan upaya berkelanjutan yaitu penanaman dan pemeliharaan sampai menghasilkan produksi yang sesuai harapan.

Oleh karena itu, TP PKK Kabupaten mengambil peran  memberdayakan masyarakat melalui PKK Lingkungan, RW, RT, Dasa Wisma minimal penanaman Jeruk Keprok di halaman pekarangan rumah

Langkah tersebut merupakan upaya TP PKK menggeliatkan kembali penanaman jeruk keprok agar tidak punah.

Pada kegiatan sosialisasi ini, Andi Dwiyanti Musrifah juga menyerahkan secara simbolis ratusan bibit jeruk keprok program andalan sulsel kepada masing-masing kelurahan untuk selanjutnya disalurkan kemasyarakat (*)

  • Bagikan