Anies Baswedan Resmi Pegang Tiket Capres 2024!

  • Bagikan
Ketua Majelis Syuro PKS Salim Assegaf (tengah), Presiden PKS Sohibul Iman dan Anies Baswedan.

SOLO, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- PKS menyatakan konsisten menjadi bagian dari koalisi partai pendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Anies Baswedan pun resmi mengantongi tiket capres 2024.
Dilansir detikNews, keputusan ini disampaikan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman. Dia mengatakan hal ini merupakan hasil diskusi internal Majelis Syuro.

"Pertama sebagaimana ditunjukkan dalam tim kecil koalisi partai pendukung Anies Rasyid Baswedan, PKS konsisten menjadi bagian dari koalisi partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024, sehingga koalisi ini memenuhi PT 20%," kata Sohibul dalam konferensi pers, Senin malam (30/1/2023).

Sohibul mengatakan pihaknya konsisten mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu sebagai bakal capres di Pilpres 2024. Keputusan resmi soal ini bakal disampaikan lewat Rakernas PKS yang digelar bulan depan.

"PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada bapak Anies Baswedan sebagai bacapres 2024-2029 pada rapat Majelis Syuro PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2023," ujarnya.

"Meskipun demikian tidak tertutup kemungkinan akan terjadi percepatan sesuai dinamika politik yang berkembang terutama setelah Ketua Majelis Syuro PKS dan Presiden PKS kembali ke tanah air," lanjutnya.

Tiga ketua umum parpol dari Partai NasDem, Demokrat, dan PKS bakal meneken keputusan resmi mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Mereka bakal tergabung dalam Koalisi Perubahan.

"Terbentuknya Koalisi Perubahan sudah memenuhi harapan publik. Terbentuknya Koalisi Perubahan itu sudah terjawab pada hari ini," kata Sekjen PD Teuku Riefky saat jumpa pers di Jakarta, Senin (30/1).

Penandatanganan keputusan ini merupakan bagian resmi dari tiga parpol untuk mendukung Anies Baswedan. Setidaknya, dari tiga parpol ini, Anies sudah memegang koalisi lebih dari ambang batas.

"Tinggal tentu semua itu nanti akan diformalitas oleh tiga ketua umum untuk menandatangani keputusan bersama meresmikan Bapak Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang diusung oleh tiga partai yang kalau dikumulatifkan untuk presidential threshold-nya sudah melebihi 20% atau kalau tidak salah sudah 28%," ujar Teuku Riefky.

Untuk diketahui, PKS menjadi partai terbaru yang menyatakan secara resmi mendukung Anies. Sebelumnya, Partai NasDem yang pertama, kemudian Demokrat memberikan dukungan. (in)

  • Bagikan