Pakaian Serba Hitam dan Karnaval Budaya di HUT ke-63 Kabupaten Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-63 Tahun yang jatuh tepat pada hari Sabtu, 4 Februari 2023 akan ditandai dengan pakaian serba hitam. Warna hitam bagi masyarakat Bulukumba memang memiliki makna yang istimewa. Sebab di Kabupaten Bulukumba ada masyarakat adat Kajang yang terkenal dengan pakaian hitam-hitamnya.

"Sejak jauh-jauh hari Pemda memang sudah mengajak seluruh warga masyarakat untuk mengenakan pakaian hitam-hitam di Hari Jadi Bulukumba. Kekhasan ini ingin kita tonjolkan agar masyarakat dari daerah lain bisa melihat dan memaknai filosofi dari pakaian hitam," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba, Hamrina A. Muri kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Hamrina mengaku bersyukur bahwa kegiatan Hari Jadi Bulukumba tidak pernah lepas dari nilai-nilai budaya di dalamnya.

"Warna hitam bagi masyarakat adat Kajang berarti bahwa manusia memiliki posisi yang sama dengan manusia lainnya. Persamaan tersebut dipraktikan ke dalam segala hal, termasuk persamaan kesederhanaan. Di Kajang, tidak ada warna yang lebih baik diantara warna yang lainnya. Dengan mengenakan warna hitam maka semuanya sama, setara, sederajat," tutur Hamrina.

Nah untuk merayakan dan menyemarakkan Hari Jadi Bulukumba, Sabtu 4 Februari 2023, pastikan kamu sudah menyiapkan pakaian hitam-hitam. Dan jangan ketinggalan untuk ikut dalam Karnaval Budaya yang akan digelar Sabtu sore mulai pukul 15.00 Wita.

Hari Jadi Bulukumba ke-63 ini akan dihadiri langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Provinsi Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan sejumlah kepala daerah dan pejabat lainnya yang datang dari Jakarta dan Makassar. (rs)

  • Bagikan