Warga Binaan Lapas Bulukumba Dilatih Keterampilan Pertanian Modern

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.CO.ID - Sejumlah warga binaan Lapas Bulukumba menjadi peserta pelatihan kemandirian bidang pertanian modern.

Pelatihan ini menghadirkan seorang instruktur dari Polres Bulukumba bernama Aipda Nurdianto. Namanya cukup viral di Bulukumba beberapa tahun terakhir lantaran sukses mengembangkan pertanian modern yakni hidroponik.

Kesuksesan beliau inilah yang membuat Kalapas Bulukumba Mut Zaini langsung menggandeng untuk melaksanakan pembinaan bagi warga binaan di dalam lapas.

Mut Zaini yang turun langsung memantau jalannya kegiatan mengatakan bahwa pihaknya sengaja menghadirkan instruktur yang telah berpengalaman dan berhasil di bidangnya agar warga binaan dapat memperoleh keterampilan untuk menjadi bekal memperoleh pekerjaan dan penghasilan ketika bebas dari masa pidana.

"Kegiatan Pembinaan Kemandirian ini akan menjadi pembelajaran dan bekal bagi warga binaan yang diharapkan nantinya bisa menghasilkan pendapatan. Menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab, berkontribusi positif di tengah keluarga dan masyarakat," kata Mut Zaini, Senin, 13 Februari 2023.

Sementara itu, Aipda Nurdianto mengaku senang dan begitu antusias untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam membangun serta mengembangkan usaha hidroponik ini.

"Ini merupakan program yang sangat bermanfaat dan saya senang bisa berbagi apa yang saya miliki bersama dengan warga binaan," ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa di Lapas Bulukumba telah berjalan 2 bidang pelatihan kemandirian yakni Pertanian Modern serta Pertukangan Modern yang masing-masing diikuti oleh 20 orang warga binaan.

Terakhir, Kalapas menyampaikan terima kasih atas kesediaan Aipda Nurdianto untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait hidroponik serta mengimbau kepada warga binaan yang menjadi peserta untuk dapat menyimak dengan seksama dan memperhatikan hal-hal yang disampaikan oleh para instruktur.

"Ini merupakan salah satu bentuk sinergi dari aparat penegak hukum dalam rangka melaksanakan pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan," tutupnya.

Selain bekerja sama dengan anggota Polres Bulukumba, Kalapas Mut Zaini juga menggandeng instruktur dari Dinas Pertanian serta Balai Latihan Kerja Kabupaten Bulukumba. (has)

  • Bagikan