Andi Utta Jemput Piala di Jakarta, Adipura Rencana Diarak Keliling Kota

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menerima langsung Adipura yang diserahkan pada momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti
Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Februari 2023.

Humas Pemkab Bulukumba, Andi Ayatullah, mengungkapkan bahwa saat ini piala Adipura telah di tangan bupati dan rencananya jika tiba di Bulukumba akan diarak bersama masyarakat.

"Pak Bupati masih ada agenda di Jakarta, jadi mungkin hari Senin (6 Maret 2023, red) baru kita tiba di Kabupaten Bulukumba," singkat Andi Ayatullah saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID via telepon seluler.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Ali Saleng yang dikonfirmasi membenarkan bahwa OPD bersama tim kebersihan akan dipersiapkan untuk menunggu diperbatasan Bulukumba saat rombongan bupati kembali dengan membawa Adipura.

"Begitu masuk di Bulukumba kita akan arak Adipura, sebagai bentuk rasa syukur atas penghargaan Adipura yang berhasil kita raih," kata Ali Saleng, Senin, 27 Februari 2023.

Sekadar diketahui, Adipura Bulukumba terkahir diraih tahun 2019 silam, itu penghargaan Adipura tahun 2018 dimasa pemerintahan Andi Sukri Andi Sappewali.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bulukumba, Alfian Mallihungan mengungkapkan bahwa Adipura yang diraih merupakan Adipura kategori kota kecil.

Bulukumba meraih tropi Adipura atau tingkatnya lebih tinggi dari sertifikat ataupun plakat Adipura yang banyak didapatkan beberapa daerah.

"Alhamdulillah, kita dapat Adipura. Ini dijemput Bupati langsung dinda (wartawan,red), saya mendampingi," kata Alfian melalui WhatsApp.

Raihan Adipura oleh Bulukumba, kata Alfian tak lepas dari peran beberapa pihak dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan dan kebersihan perkotaan yang dinilai langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Termasuk tim pengendali banjir, yang membersihkan drainase," kata Alfian.

Lewat raihan Adipura ini, Alfian berharap besar kesadaran masyarakat dalam turut menjaga kebersihan Bulukumba juga terbangun.

Karena menurutnya, masyarakat yang paling berperan penting dalam menjaga kebersihan untuk hidup yang lebih baik. (ewa/has/B)

  • Bagikan