Bupati Selayar Hadiri Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri

  • Bagikan

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Mendorong penggunaan produk dalam negeri serta dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali menghadiri pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri 2023.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (15/3).

Sesuai jadwal yang diperoleh kegiatan Bussines Matching akan berlangsung selama tiga hari mulai 15 hingga 17 Maret 2023.

Pada sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan bahwa  jumlah produk lokal di katalog elektronik (e-katalog) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa (LKPP) meningkat signifikan. Dari yang awalnya hanya 50 ribu menjadi 3,4 juta produk dalam waktu setahun.

Namun Jokowi juga meminta produk lokal tersebut bukan hanya masuk e-katalog tetapi dibeli oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, membeli produk dalam negeri otomatis pertumbuhan ekonomi kita akan naik.

“percuma kalau kita masukkan ke e-Katalog kalau hanya ditonton, tidak dibeli," imbuhnya.

Jokowi juga menekankan agar pagu anggaran kementerian dan Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk pembelian barang dan jasa diprioritaskan untuk produk dalam negeri.

Sementara itu, disela acara, Bupati Basli menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar siap berkomitmen untuk mendukung kebijakan nasional, dikatakan,  peningkatan penggunaan produk dalam negeri akan sangat membantu masyarakat khususnya pelaku UMKM dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas ekonomi terkhusus di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Basli Ali pun mengajak masyarakat Kabupaten kepulauan selayar untuk semakin mencintai produk lokal, sekaligus dirinya mendorong pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitasnya produknya agar berdaya saing secara global. (*)

  • Bagikan