Lapas Bulukumba Buka Layanan Besukan di Hari Lebaran. Ribuan Pengunjung Lepas Rindu dengan Warga Binaan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Hari raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga, tidak terkecuali bagi Warga Binaan pada Lapas/Rutan di seluruh Indonesia. Meskipun hak dan kebebasannya dibatasi namun tidak pada hak untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka masing-masing.

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan yang optimal kepada Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba membuka layanan besukan hari raya Idul Fitri 1444 H hari pertama secara umum kepada seluruh Warga Binaan tanpa terkecuali, Sabtu, 22 April 2023.

Besukan hari raya tahun ini terasa begitu spesial bagi warga binaan. Pasalnya sejak dua tahun sebelumnya besukan ini ditiadakan lantaran adanya masa pandemi Covid 19 dan mengharuskan pembatasan tatap muka secara langsung bagi warga binaan dan keluarganya.

Di hari pertama besukan tercatat 1.310 orang pengunjung dengan jumlah warga binaan yang dikunjungi sebanyak 262 orang Narapidana/Tahanan dengan jam pelayanan di buka pada jam 9 pagi hingga jam 15.30.

Sebagai upaya mengatasi gangguan keamanan dan tata tertib, Lapas Bulukumba bentuk Tim Bantuan Regu Pengamanan yang terdiri dari Karyawan/Karyawati Lapas Bulukumba dengan bantuan personel dari TNI/POLRI masing-masing 3 orang dan ditugaskan khusus pada pelayanan besukan hari raya selama dua hari kedepan. Selain itu Lapas Bulukumba juga membentuk Tim Bantuan Regu Pengamanan pada cuti bersama Idul Fitri tahun ini

Kegiatan layanan besukan ini di pantau dan diawasi langsung Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba, Mut Zaini yang hadir langsung dan juga turut memberikan pelayanan kepada pengunjung yang datang.

Kalapas dalam briefing sebelum pelaksanaan tugas menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi kali pertama dibukanya kembali besukan hari raya setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan karena pandemi Covid 19.

Kalapas berharap kepada seluruh personel yang bertugas agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pengunjung namun tetap di dasarkan pada batasan dan aturan yang telah ditetapkan

"Hari ini merupakan hari pertama dibukanya kembali besukan umum bagi warga binaan, seperti kita telah ketahui bersama bahwa salah satu dampak pandemi Covid 19 adalah ditiadakannya kunjungan tatap muka bagi warga binaan dan keluarganya, Olehnya kami meminta kepada seluruh petugas agar berperan aktif memberikan pelayanan prima bagi pengunjung tanpa mengabaikan batasan dan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya," tutur Mutzaini.

Di akhir kegiatan Kalapas menghimbau kepada seluruh jajaran petugas agar kekurangan atau masalah yang muncul di hari pertama agar segera dievaluasi sehingga di hari berikutnya bisa lebih maksimal.

Kalapas juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh patugas atas kerja kerasnya sehingga layanan besukan hari raya Idul Fitri hari pertama bisa berjalan sebagaimana mestinya. (ewa/has/B)

  • Bagikan