JK Berduka atas Meninggalnya Mochtar Pabottingi, Sosok Cendekiawan Muslim yang Memiliki Banyak Sumbangsih Pemikiran pada Negara

  • Bagikan
JK saat berbicara mengenai sosok Mochtar Pabottingi usai jenazah disalatkan, Minggu 4 Juni 2023.

JAKARTA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK), berduka cita atas meninggalnya salah satu cendekiawan muslim Indonesia, Mochtar Pabottingi. Almarhum berpulang pada hari Minggu dini hari (4/6/2023) pada usia 77 tahun karena sakit.

Jk menyebut kepergian sosok yang juga dikenal sebagai pengamat politik senior tersebut merupakan suatu kehilangan bagi bangsa Indonesia mengingat almarhum merupakan salah satu cendekiawan muslim yang telah memberi banyak sumbangsih pemikiran bagi bangsa dan negara.

"Kita kenal beliau adalah cendekiawan muslim yang baik dan banyak sumbangan-sumbangan pemikiran bagi bangsa dan negara ini. Untuk itu kita semua semua merasa kehilangan" ujar JK dalam sambutannya usai mensalatkan jenazah almarhum di Masjid AR Rahim Kelurahan Kayu Putih,Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu, 4 Juni 2023.

Usai disalatkan almarhum Mochtar Pabottingi dimakamkan di TPU Layur Rawamangun,Jakarta Timur.

Mochtar Pabottingi lahir di Bulukumba 17 Juli 1945. Ia adalah seorang penulis Indonesia. Sejumlah puisinya pernah dimuat dalam antologi puisi Tonggak 3 (1987). Banyak orang lebih mengenalnya sebagai seorang peneliti, ilmuwan dan pemikir terutama bidang politik. Mochtar Pabottingi menamatkan kuliahnya di Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra UGM, dan tahun 1984 lulus MA dari Universitas Massachusets, Amerika Serikat. Tahun 1989 lulus Ph.D dari Universitas Hawai Honolulu, Amerika Serikat.

Tidak banyak yang tahu Mochtar juga pernah menjadi wartawan. Ia redaktur pada harian Mercusuar dan Harian KAMI, serta Ketua Seni Budaya Muslim Indonesia di Makassar.  (rs)

  • Bagikan