BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bulukumba akan mulai difungsikan pada awal 2024. Kehadiran pusat pelayanan publik ini menjadi salah satu sarana yang akan mendukung berbagai bentuk layanan kepada masyarakat.
Pemkab Bukukumba tengah melakukan persiapan pemanfaatan Mal Pelayanan Publik. Hal ini terungkap dalam rapat persiapan di Ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba, Kamis 28 Desember 2023.
Rapat yang dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Asdar Bennu itu dihadiri beberapa kepala OPD terkait. Salah satunya Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Umrah Aswani sebagai leading sector pengeloaan MPP.
Hadir juga Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Andi Sufardiman, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dedi Rahmadi, Kabid Tata Ruang Agus Wijaya, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Feryawan Z Fahmi, Kadis Kominfo dan Persandian, Daud Kahal. Kemudian Kabag Hukum, Kabag Organisasi, dan Kabag Ekbang, serta beberapa pejabat OPD lainnya.
Untuk langkah awal persiapan adalah identifikasi kesiapan OPD yang akan menempati gedung pelayanan tersebut. Kemudian mengajukan izin Ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terkait kesiapan sarana dan prasarana, dan identifikasi kesiapan counter untuk 16 jenis layanan.
Selanjutnya, pada rapat tersebut juga dibahas kesiapan unit pengelola yang akan mengkoordinir dan mengatur semua jenis layanan. Mulai perizinan, dokumen kependudukan, perpajakan, BPJS, Taspen, dan beberapa layanan perbankan. Termasuk keimigrasian yang diharapkan bisa membuka layanan di Mal Pelayanan Publik.
"Insya Allah diupayakan semua OPD yang terkait sudah dapat melakukan langkah-langkah persiapan dan kita akan meminta kesiapan bapak bupati untuk melakukan soft launching sekitar tanggal 10 Januari 2024, dan rencana peresmian pada saat peringatan Hari Jadi Bulukumba 4 Februari 2024, ujar Asdar Bennu.
Sementara itu Kepala DPMPTSP dan Naker Bulukumba, Umrah Aswani, berharap dengan difungsikannya Mal Pelayanan Publik akan menjadi indikator yang menunjukkan semakin meningkatnya kualitas layanan publik di Bulukumba.
"Ini salah satu bentuk komitmen Blbupati dan Wlwakil bupati Blbulukumba untuk menghadirkan sarana yang akan lebih menjamin layanan yang lebih baik dan lebih berkualitas sesuai dengan visi dan misinya," ungkapnya.
Dikatakan pihaknya akan segera melakukan langkah-langkah persiapan termasuk pembentukan unit pelaksana teknis dalam mengelola Mal Pelayanan Publik. (***)