SMAN 4 Gencar Perkenalkan Pramuka pada Siswa

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMA Negeri 4 Kabupaten Bulukumba, gencar memperkenalkan program ekstrakurikuler bidang Kepramukaan kepada siswa. Hal ini dilakukan menjelang penerimaan anggotaan baru pangkalan pramuka di sekolahnya.

Pembina Pramuka SMAN 4 Bulukumba, Dudi Alpian mengatakan, penerimaan anggota Pramuka yang baru akan dilaksanakan  dalam waktu dekat ini. Menurutnya, pengenalan tentang dunia Kepramukaan penting bagi siswa sebagai acuan memilih organisasi yang akan digelutinya.

"Semua peserta didik khusus kelas XI dan XII berdasarkan kurikulum berjalan diwajibkan untuk bergabung," ujarnya, Rabu 10 Januari 2024.

Dudi menjelaskan, secara umum Pramuka bertujuan menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa pada generasi muda dan menghormati jasa pahlawan bangsa. Kemudian membentuk karakter generasi yang toleran dan disiplin.

Selain itu Pramuka juga menjadi wadah menggali potensi diri serta meningkatkan ketrampilan dan inovasi di dalam generasi bangsa. Hal ini diharapkan generasi muda dapat terbentuk menjadi pribadi yang mandiri dengan disiplin ilmu yang tinggi.

"Yang terpenting dalam Pramuka itu, siswa digembleng untuk lebih mandiri, dalam artian mampu menyelesaikan masalahnya sendiri," pungkasnya..

Selain itu lanjut Dudi, Pramuka juga menjadi wadah untuk menjadikan siswa lebih disiplin dan bertanggungjawab. Selain itu juga belajar berorganisasi dan bekerja sama dapat meningkatkan kepedulian sosial.

"Termasuk mengasah kemampuan kentrampilan dan inovasi siswa," tutupnya. (**)

Penulis: Sumarni Editor: Suparman
  • Bagikan

Exit mobile version