Sosok Sukwandi, Kabid Dikdas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulukumba yang Visioner

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Energik, powerfull, kharismatik dan ramah itulah kesan utama ketika melihat dan bertemu Sukwandi. S, SAP, MM. Wandi sapaan akrabnya adalah Kepala Bidang Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdas) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bulukumba.

Pria kelahiran Bulukumba, 27 April 1976 itu adalah sosok ASN yang namanya tidak asing lagi di kalangan pemerhati pendidikan dan Kepala Sekolah (Kepsek) se Kabupaten Bulukumba.Ia dikenal sebagai ASN yang betul-betul bekerja dengan tulus dan ikhlas demi kemajuan pendidikan khususnya di Kabupaten Bulukumba.

Alumni magister (S2) Manajemen Pembangunan Daerah itu juga merupakan sosok yang visioner, memiliki kemampuan komunikasi yang kuat dan selalu bersemangat untuk memotivasi timnya.

"Komitmen yang saya pegang teguh adalah tetap konsisten dalam melaksanakan tugas dengan integritas yang kuat," ujar pria dari tiga orang anak yang hobbi olahraga tersebut, Selasa, 30 Januari 2024.

Wandi bercerita sebelum ia menjabat sebagai Kabid Dikdas di Disdikbud Bulukumba, ia pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Sarana dan Prasarana pada tahun 2015 sampai 2018 dan pada tahun 2019 hingga sekarang beliau diamanahkan sebagai Kabid Dikdas.

"Di posisi ini tentu ada banyak tantangan yang dihadapi. Namun kembali lagi mengingat tugas, pokok dan fungsi tetap mengutamakan kinerja dan loyalitas dalam melaksanakan tugas dengan harapan ditempatkan dalam jabatan sesuai dengan kompetensi," tambah pria yang telah mempersunting Mariana.

Baginya selama perjalanan karier yang panjang dan berliku telah menempa dirinya. Namun Ia tetap Istiqomah dan selalu bersyukur.

"Kita adalah wayang kehidupan yang hanya bisa menjalani lakon dari dalang sang pemilik kehidupan. Setiap jabatan mengandung tanggungjawab dari sang pemberi amanah karena itu setiap jabatan yang diemban baiknya memang ada rekayasa dari sang penguasa jagad semesta sehingga kita selalu mendapatkan kesehatan dan kekuatan untuk menyelesaikan berbagai penugasan yang ada," tutupnya.

Menurutnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) merupakan sebuah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan sektor pendidikan dan kebudayaan dalam suatu wilayah, yang mana tugas dari dinas ini adalah untuk memastikan bahwa sistem pendidikan berjalan dengan baik dan memberikan akses pendidikan yang merata kepada seluruh masyarakat.

"Dinas ini selalu memastikan bahwa sistem pendidikan berjalan dengan baik, dan memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan. Dengan amanah ini sebagai Kabid Dikdas saya berharap dapat meningkatkan kualitas dan memajukan pendidikan di Kabupaten Bulukumba," tutupnya. (*)

  • Bagikan